Yamaha Rilis R6 RACE dan R6 GYTR 2022

Wargoal.com – Pabrikan motor asal Jepang, Yamaha ternyata benar-benar tak melanjutkan produksi Yamaha R6 untuk jalan raya. Pasalnya untuk model tahun 2022, Yamaha dipastikan hanya akan menjual Yamaha R6 RACE dan R6 GYTR di pasar Eropa “Untuk tahun 2022, Yamaha akan melanjutkan komitmen totalnya kepada pebalap dan tim supersport di setiap level dengan produksi R6 RACE dan R6 GYTR – dua mesin track eksklusif dengan performa terdepan di kelasnya,” tulis Yamaha lewat rilis resmi yang dipublikasikan pada Senin (22/11/21).

Baik Yamaha R6 RACE maupun R6 GYTR model 2022, hanya dikhususkan untuk kebutuhan sirkuit, alias tidak digunakan di jalan raya. Kedua motor ini hadir dengan DNA balap yang kuat, sehingga Yamaha jor-joran untuk membuat motor ini kencang. Yamaha R6 RACE dibekali dengan mesin 599 cc yang jeroannya diisi oleh lightweight forged piston, katup dari bahan titanium, serta punya rasio kompresi 13,1 banding 1. Teknologi YCC-I alias Yamaha Chip Controlled Intake dan YCC-T atau Yamaha Chip Controlled Throttle masih hadir di R6 Race. Selain itu, fitur Quick Shift System (QSS) dan slipper clutch juga hadir menemani transmisi enam percepatannya.

Untuk urusan sasis, Yamaha R6 RACE masih mengandalkan rangka aluminum Deltabox. Lalu untuk kaki-kakinya, Yamaha membekali R6 RACE dengan sok depan KYB 33 mm yang berspesifikasi tinggi dan mirip dengan kepunyaan R1. Sedangkan sok belakangnya, masih mengandalkan sok tunggal KYB. Demi menunjang bobot yang lebih ringan dan memudahkan pemiliknya untuk bermain di track day, Yamaha sengaja tak memberikan perintilan yang penting untuk jalan raya di R6 RACE ini. “R6 RACE akan tersedia dalam warna Tech Black yang ramping dengan garpu berwarna emas untuk tahun 2022, dan akan tersedia dalam trim track-ready dengan tidak menyertakan komponen jalan yang tidak penting, seperti lampu depan, lampu posisi, kaca spion, klakson, dudukan plat nomor, tandem kursi dan pijakan kaki tandem,” tulis Yamaha.

Nah! Perbedaan antara R6 RACE dan R6 GYTR tentu dari spek yang semakin siap balap. GYTR merupakan singkatan dari Genuine Yamaha Technology Racing, sehingga beberapa komponen dari R6 RACE diganti dengan spek yang lebih tinggi performanya. R6 GYTR tak menggunakan fairing atau race cowling yang sama dengan R6 RACE, melainkan menggunakan race cowling set dari GYTR. Selain itu, sistem perkabelan atau wire harness, sampai ECU-nya juga diberikan yang spek balap khas GYTR. Yamaha R6 GYTR juga menggunakan knalpot berbahan titanium yang ringan dari Akrapovic. Rantai DID gold race chain 520 conversion serta kit sprocket-nya. “R6 GYTR dilengkapi dengan fairing yang diperkuat karbon putih primer ringan, memungkinkan pengendara dan tim untuk menerapkan warna dan logo balapan yang diinginkan. Bagian lain yang diperlukan FIM juga disertakan, seperti pelindung tuas rem depan dan pelindung sproket belakang,” tulis Yamaha.

Yamaha menjanjikan pengiriman motor ini akan berlangsung pada Februari 2022. Namun Yamaha belum mencantumkan informasi terkait harga dari Yamaha R6 RACE ataupun R6 GYTR di rilisnya “R6 GYTR akan tersedia secara eksklusif melalui Yamaha GYTR PRO SHOPS, tempat pertama dan satu-satunya yang harus dikunjungi oleh para pembalap dan track day untuk semua kebutuhan balap mereka. Setiap GYTR PRO SHOP dijalankan oleh orang-orang yang makan, tidur dan bernapas balap, dan terlibat dalam kegiatan balap,” tulis Yamaha.

sumber : detik.com