Bonus New Member
Samuel Umtiti.

Umtiti Blunder, Ronald Koeman Pasang Badan

Wargoal.com – Samuel Umtiti membuat blunder fatal pada duel Sevilla vs Barcelona, Kamis (11/2/2021) dini hari. Mengenai hal itu, sang pelatih, Ronald Koeman maju pasang badan membela bek center tersebut.

Ronald Koeman yakin bahwa kesalahan Umtiti masih dapat diterima, pasalnya semua pemain pasti pernah melakukan kesalahan.

Barcelona harus pulang tanpa menghasilkan gol usai bertandang ke markas Sevilla, Sanchez Pizjuan, pada duel leg pertama semifinal Copa del Rey tadi. La Blaugrana dominan, namun sangat disayangkan pada akhirnya Sevilla berhasil mencetak dua gol dan pantas untuk menang.

Dua gol Sevilla itu dicetak oleh Jules Kounde di menit ke-25, lalu mantan gelandang La Blaugrana, Ivan Rakitic, di menit ke-85. Pada proses dua gol ini, ada nama Umtiti yang terlibat dan patut dikritik.

Umtiti membuat kesalahan mendasar dalam proses gol Kounde, dia keliru memosisikan tubuhnya untuk mencegah pergerakan lawan. Lalu untuk gol kedua, Umtiti bermaksud membuat jebakan offside untuk Rakitic tapi justru terpeleset.

Kenapa bermain?

Pertama-tama, Koeman patut dikritik karena keputusannya memberi kesempatan bermain untuk Umtiti. Duet Umtiti-Mingueza jadi titik lemah Barca di laga ini.

Alasan Koeman pun tidak begitu kuat. Seharusnya ada Clement Lenglet yang siap bermain di laga ini, entah mengapa Koeman memutuskan mencadangkan Lenglet dan memberi kesempatan pada Umtiti yang lama tidak bermain.

“Dia [Lenglet] tidak punya masalah fisik. Keputusan bermain dengan Umtiti dan Mingueza diambil karena ada terlalu banyak pertandingan,” kata Koeman kepada Marca.

“Tidak banyak pemain yang tersedia di lini belakang dan Anda harus menjaga supaya setiap pemain siap bermain.”

Kesalahan wajar

Artinya, Koeman tahu risiko yang dia ambil saat memainkan Umtiti, dan kini dia harus membayarnya. Meski begitu, Koeman masih saja membela Umtiti dan percaya bahwa kesalahannya masih dalam tahap wajar di sepak bola.

“Kami membiarkan banyak ruang terbuka untuk gol pertama mereka. Bukan hanya di lini belakang, melainkan juga di lini tengah. Dan untuk gol kedua mereka, kami buruk dalam membuat jebakan offside,” lanjut Koeman.

“Umtiti bermain baik di pertandingan. Benar dia membuat kesalahan, sama seperti semua pemain. Itu bagian dari sepak bola.”

Tidak adil

Singkatnya, Koeman tidak mau Umtiti diserang sendiri. Tim kalah dan menang bersama, kali ini Barca kalah karena bermain di bawah level dan gagal mencetak gol.

“Tidak adil menyalahkan dia. Kami kalah bersama dan kami menang bersama,” tutup Koeman.

 

Sumber

Promo Mingguan