Tuan Rumah Laga NBA Di Uni Emirat Arab Oktober 2022

Wargoal.com  – National Basketball Association (NBA) dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi (DCT Abu Dhabi), pada Rabu, 17 November 2021, mengumumkan kemitraan multitahun sekaligus menjadi tuan rumah pertandingan NBA di Uni Emirat Arab (UEA). Sebagai langkah awal, NBA menggelar dua pertandingan pramusim di Abu Dhabi pada bulan Oktober 2022. Ini akan menjadi pertandingan resmi NBA pertama di Jazirah Arab.

Program “Visit Abu Dhabi” yang dibuat oleh DCT Abu Dhabi membuka jalan NBA untuk bisa masuk ke Timur Tengah. Kini mereka sudah berhasil melebarkan sayap ke Eropa, Afrika, hingga Asia Timur. Nantinya kerjasama tersebut juga mencakup berbagai acara interaktif yang menampilkan bintang dan legenda NBA, menggelar Liga Jr. NBA untuk anak laki-laki dan perempuan di sekolah-sekolah di seluruh UEA, Klinik NBA yang mempromosikan kesehatan, dan acara NBA 2K League.

“Saat kami merayakan ulang tahun ke -75 NBA, DCT Abu Dhabi mengajak kami bekerja sama,” kata Mark Tatum, selaku Wakil Komisaris dan Chief Operating Officer NBA, dikutip dari nba.com.

“Abu Dhabi adalah pusat multikultural yang dinamis dengan rekam jejak bagus dalam menyelenggarakan acara olahraga kelas dunia, dan kerjasama ini akan menciptakan banyak peluang, baik dari sisi prestasi dan bisnis.”

Abu Dhabi secara konsisten menunjukkan kemampuannya dalam menyelenggarakan acara olahraga kelas dunia. Mereka telah menjadi rumah pertandingan internasional UFC, tuan rumah final Formula 1, Kejuaraan HSBC Abu Dhabi. Bahkan di Riyadh, Saudi Arabia juga selalu mendatangkan bintang-bintang WWE dengan gelaran bertajuk “Crown Jewel” setiap tahunnya.

Program NBA sebenarnya sudah menjangkau penggemar di Timur Tengah melalui beIN SPORTS, The Sports Channel, dan NBA League Pass, layanan berlangganan siaran langsung liga. Lebih dari 220 pemain muda Arab, termasuk dari UEA, telah berpartisipasi dalam Basketball Without Borders (BWB) atau NBA Academy. Kemudian sejak 2019, lebih dari 500 anak laki-laki dan perempuan telah berpartisipasi dalam NBA Basketball School Dubai (UEA), program pengembangan bola basket berbasis uang sekolah sepanjang tahun untuk anak laki-laki dan perempuan berusia 6-18 tahun.

“Kerjasama ini menunjukkan posisi Emirat sebagai rumah papan atas untuk olahraga global dan untuk menarik bakat terbaik,” kata Mohamed Khalifa Al Mubarak selaku Ketua DCT Abu Dhabi.

“Karena Abu Dhabi berkomitmen untuk berkembang sebagai tujuan global yang dinamis, menambahkan NBA ke portofolio acara olahraga dan hiburan kami akan memperkuat posisi ibu kota UEA sebagai pusat penyelenggaraan olahraga. Kami menantikan NBA memainkan peran integral dalam mengembangkan bakat muda dan gaya hidup sehat.”

NBA sudah berpengalaman menggelar pertandingan di luar Amerika Serikat dan Amerika Utara, seperti London, Paris, dan Mexico selama beberapa tahun terakhir. Namun, untuk saat ini hanya pertandingan pramusim yang akan dibawa ke Abu Dhabi.

“Kami memahami para penggemar akan senang melihat pertandingan musim reguler,” kata Mark Tatum. “Pertandingan musim reguler, sulit untuk melakukan itu. Karena jadwalnya sangat padat, mereka harus masuk dan keluar Amerika Serikat. Jadi kami berpikir pertandingan pramusim juga bisa berlangsung sangat menarik. Ini sebagai awal saja.”

Sumber : mainbasket.com