clean mac

TIPS DENGAN CLEANMYMAC

WARGOAL TEKNO – Performa MacBook yang lambat dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi CleanMyMac. Jangan biarkan Mac kamu penuh oleh junk file, bersihkan dengan CleanMyMac. Aplikasi ini juga digunakan para pengguna Mac untuk membersihkan disaat Memori sudah hampir penuh atau untuk membuang sampah (Junk Files) pada system dan aplikasi ini juga cocok digunakan jika Mac kamu terasa lambat kecepatannya, jika belum kamu install di Mac kamu, coba install aplikasi tersebut terlebih dahulu dan ikuti langkah berikut ini.

mycleanmac

Setelah kamu sudah mengatur pada pengaturan General di CleanMyMac saatnya untuk mengatur pengaturan pada Smart Cleanup, kamu bisa tidak mencentang jika kamu tidak mau Men-Scanning bagian tertentu, dan saya sangat menyarankan untuk tidak mencentang “Large & Old Files” karna data penting dan file pribadi kamu bisa saja ikut terhapus disaat CleaningUp.

System Junk : Jika kamu Mencentang System Junk pada Smart Cleanup maka, CleanMyMac akan menghapus sampah-sampah yang terdapat pada system di Mac kamu.

iPhoto Junk : Jika kamu Mencentang iPhoto Junk pada Smart Cleanup maka, CleanMyMac akan menghapus file gambar yang terdapat pada program aplikasi iPhoto kamu.

Mail Attachments : Berfungsi untuk menghapus sampah pada progam aplikasi Mail atau pesan pada Mac kamu.

iTunes Junk : Jika kamu mencentang iTunes pada Smart Cleanup maka, CleanMyMac akan menghapus sampah-sampah pada iTunes di Mac kamu, perlu diingat, jika kamu mencentang iTunes pada Smart Cleanup, hal ini dapat menghapus Backup iOS Devices dan Software Update iOS pada iTunes kamu, jadi perhatikan ini jika kamu tidak ingin kehilangan data backup pada iTunes.

Trash Bins : Fungsinya untuk menghapus sampah-sampah yang ada pada Trash Mac.

Large & Old Files : Fungsinya untuk menghapus data-data yang sudah lama dan data berukuran besar pada Mac Kamu, penting di ingat jika kamu mempunyai file penting yang ukurannya cukup besar sebaiknya jangan centang bagian ini.

Jika Kamu sudah mengaktifkan CleanMyMac Menu pada Menu Bar akan menampilkan Menu Bar CleanMyMac seperti ini jika kamu menyalakan Mac, karena ini bersifat “Start at Login”. Dan setelah itu jalankan aplikasi dan sisanya silahkan menunggu dengan secangkir kopi untuk menemani kamu, karena membutuhkan cukup waktu untuk scanning file yang ada pada Mac kamu.

jnkfileu

Jika Sudah selesai scanning maka CleanMyMac akan menunjukan bahwa terdapat sampah atau file junk pada Mac kamu, maka lakukanlah proses Cleanup. Selain Sebagai Cleanup, CleanMyMac juga bisa digunakan memperbaiki Sistem Mac Kamu, yaitu bagian Utilities, silahkan mencoba!