Tim Yang Lolos 16 Besar Terbaru Liga Champions 2021-2022

Wargoal.com –Hasil pertandingan matchday kelima Liga Champions 2021-2022 telah rampung digelar pada Kamis (24/11/2021) dini hari, dan meloloskan lima tim lagi ke babak 16 besar. Manchester City, Paris Saint-Germain, Real Madrid, Inter Milan, dan Sporting Lisbons menambah daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Dengan tambahan lima klub itu, kini sudah ada 11 kesebelasan mengisi daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Manchester City menyegel tiket fase knock-out Liga Champions seusai memenangi pertandingan melawan PSG dengan skor 2-1. Adapun pertandingan Man City vs PSG dihelat di Stadion Etihad pada Kamis (24/11/2021). Sepasang gol yang diciptakan Man City dicetak oleh Raheem Sterling pada menit ke- 63 dan Gabriel Jesus di menit (76’).

Sementara itu, PSG hanya mampu membalas satu gol melalui Kylian Mbappe pada menit ke-50. Kemenangan atas PSG membuat Man City bercokol sebagai pemimpin klasemen Grup A Liga Champions dengan mengemas 12 poin dari lima laga yang dijalani. Sementara itu, PSG menjadi runner-up klasemen dan berhak mengisi satu tempat di babak 16 besar Liga Champions meskipun kalah dari Man City. Hal itu dikarenakan pesaing terdekat mereka sebelumnya, Club Brugge, gagal meraih hasil positif kala bersua RB Leipzig.

RB Leipzig berhasil mempecundangi Club Brugge dengan skor 5-0 di Stadion Jan Breydel. Adapun lima gol Brugge dicetak oleh brace Christopher Nkunku (12’, (90+3’), Emil Foresberg (17’ p, 45+1’), dan Andre Silva (26’). Oleh karena itu, Club Brugge yang sebelumnya memiliki kesempatan lolos, kini dipastikan tidak bisa mengejar perolehan poin Manchester City dan PSG. Selain itu, Real Madrid dan Inter Milan juga berhasil memastikan diri mereka di 16 besar Liga Champions.

Kedua tim itu lolos ke babak 16 besar Liga Champions seusai meraih hasil bagus di matchday kelima kompetisi Eropa. Real Madrid sukses mengalahkan FC Sheriff dengan skor dominasi 3-0 di Stadion Bolshaya Sportivnaya. Sementara itu, Inter Milan berhasil meraih kemenangan kala bersua wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk, dengan skor 2-0. Perolehan poin Real Madrid dan Inter Milan di klasemen Grup D sudah tidak mungkin terkejar oleh pesaing terdekat mereka.

Real Madrid menjadi pemuncak klasemen setelah berhasil mengumpulkan 12 poin dari lima pertandingan. Sementara itu, Inter Milan berada satu strip di bawah Los Blancos alias runner-up klasemen dengan mengoleksi 10 poin. Adapun pesaing terdekat mereka, FC Sheriff, baru mengumpulkan enam poin. Artinya, FC Sheriff sudah tidak mungkin mengejar perolehan poin yang dikumpulkan Real Madrid dan Inter Milan dengan satu laga tersisa.

Satu tim lain yang sudah lolos ke 16 besar Liga Champions adalah Sporting Lisbon yang menempati posisi runner-up Grup C. Sporting Lisbon menduduki peringkat kedua klasemen Grup C setelah menang atas Borussia Dortmund dengan skor 3-1. Kemenangan itu membuat Sporting Lisbon mengumpulkan sembilan poin dan unggul tiga angka atas Dortmund yang menempati posisi ketiga. Andaipun Dortmund menang dan Sporting kalah pada laga terakhir di fase grup, perolehan poin kedua tim akan sama, yakni 9 angka.

Namun, Sporting Lisbon tetap lebih berhak melaju ke babak 16 besar Liga Champions karena unggul agregat dalam head to head dengan Dortmund.

Daftar tim yang lolos ke fase knock – out Liga Champions :

1 Manchester City (Grup A)

2 Paris Saint-Germain (Grup A)

3 Liverpool (Grup B)

4 Ajax Amsterdam (Grup C)

5 Sporting Lisbon (Grup C)

6 Real Madrid (Grup D)

7 Inter Milan (Grup D)

8 Bayern Muenchen (Grup E)

9 Manchester United (Grup F)

10 Chelsea (Grup H) Juventus (Grup H)

Sumber : bola.kompas.com