Timnas Indonesia vs Taiwan, Kamis, 07/10/2021 (Dok. PSSI)

Tampil Memukau, Timnas Indonesia Ungguli Taiwan 2-1

Timnas Indonesia ungguli Taiwan 2-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023. Tak butuh waktu lama, di menit ke-18, Timnas Indonesia berhasil cetak gol.

Wargoal.com – Timnas Indonesia tampil memukau usai menoreh kemenangan melawan Taiwan di leg pertama babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pertandingan yang digelar di Chang Arena, Thailand pada Kamis (07/10/2021) itu berhasil membawa kemenangan 2-1 untuk Timnas Indonesia.

Meskipun baru menjalani leg babak pertama, ini akan menjadi kemenangan selanjutnya untuk Timnas Indonesia.

Nantinya, leg kedua akan digelar di stadion yang sama yaitu, Chang Arena pada 11 Oktober mendatang.

Dari Suara, berikut jalan pertandingan saat Timnas Indonesia ungguli Taiwan!

Jalannya Pertandingan

Berhadapan di Chang Arena, Timnas Indonesia tidak membutuhkan waktu lama untuk mengubah papan skor. 18 menit bola bergulir, skuad Garuda memimpin 1-0.

Gol Timnas Indonesia dicetak oleh wonderkid Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek yang memanfaatkan umpan crossing Miftah Anwar Sani.

Sayang, Ramai Rumakiek harus ditarik keluar oleh pelatih Shin Tae-yong padahal sedang on fire. Ia diganti oleh Egy Maulana Vikri di menit ke-27 setelah mengerang kesakitan di bagian kaki.

Timnas Indonesia yang terus memberikan tekanan di babak pertama ini belum bisa menambah angka hingga turun minum.

Beberapa kali Evan Dimas dan kawan-kawan mencoba tendangan dari jarak jauh. Namun, belum ada gol tambahan.

Sementara Taiwan terus ditekan oleh skuad Garuda. Hampir tidak ada peluang yang didapat tim asuhan Yeh Hsien-chung tersebut hingga babak pertama selesai.

Lima menit bola bergulir di babak kedua, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan.

Lolos dari kawalan, Kushedya Hari Yudo melepaskan umpan mendatar dari sisi kiri. Evan dimas yang muncul dari belakang menyambar bola yang bersarang di gawang Shin Shin-an.

Unggul dua gol, Indonesia terus menggempur pertahanan Taiwan. Egy mendapat dua peluang untuk mencetak gol, namun bola masih berhasil dibendung oleh Shin Shin-an.

Memasuki menit 70, Egy yang mendapat ruang tembak melepaskan tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti. Tapi lagi-lagi bola berhasil dimentahkan Shin Shin-an.

Gawang Taiwan nyaris bergetar di menit 83 ketika Syahrian Abimanyu, yang masuk menggantikan Irfan Jaya, melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya. Sayang, si kulit bundar masih mampu dibendung oleh Shin Shin-an.

Memasuki masa injuri, Taiwan yang berhasil memangkas jarak menjadi 2-1.

Dikagetkan gol balasan tim lawan, para penggawa Garuda kembali menggedor pertahanan Taiwan.

Di menit 90+3 peluang kembali didapat Egy. Tapi lagi-lagi bola dimentahkan Shin Shin-an.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia tetap bertahan.

Susunan pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi; Miftah Sani, Victor Igbonefo, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Irfan Jaya, Kushedya Hari Yudo, Ramai Rumakiek (Egy Maulana Vikri 27′).

Pelatih: Shin Tae-yong.

Taiwan (4-3-3): Shih Shin-an; Hsieh Peng-long, Chen Ting-yang, Liang Meng Hsin, Cheng Hao; Lin Cheng-yi, Emilio Estevez. Wu Yen-shu; Li Mao, Wu Chun-ching, Lee Hsiang-wei.

Pelatih: Yeh Hsien-chung.

Suara