Tahun 2027 Balapan MotoGP Pakai Bahan Bakar Non Fosil

Wargoal.com  – Dorna Sports resmi mengumumkan niatan MotoGP untuk mengikuti langkah Formula 1 dalam memakai bahan bakar non-fosil dalam waktu dekat. Lewat MotoGP.com pada Rabu (24/11/2021), Dorna pun menyebut bahwa langkah ini mereka ambil mengingat MotoGP memiliki kuasa untuk memimpin evolusi industri motor.

Penjualan motor secara global mencapai 60 juta unit per tahun, dan mengingat jenis transportasi ini sangat krusial bagi populasi manusia, maka diperkirakan ada sekitar 2 miliar motor di muka bumi. Atas alasan inilah industri motor punya peran penting dalam menciptakan pergerakan yang lebih bersih, aman, dan ramah lingkungan demi memotong emisi karbon dan melawan perubahan iklim.

Bahan bakar yang selama ini digunakan MotoGP pun terus diuji coba, dengan setiap pabrikan yang terlibat di kelas para raja konsisten mengembangkan bahan bakar bersama suplier masing-masing. Nantinya, bahan bakar non-fosil ini pun akan dipakai sebagai standar dari internal combustion engine.

Dorna Sports pun menyatakan bahwa perubahan ini akan mulai diterapkan pada 2024, di mana 40% dari bahan bakar yang digunakan tiap pabrikan kelas MotoGP wajib merupakan sumber daya berkelanjutan, baik berupa bahan bakar sintetis yang terbuat dari energi berkelanjutan maupun berupa biomassa non-pangan.

Pada 2024, kelas Moto2 dan Moto3 akan tetap mendapatkan bahan bakar dari suplier tunggal, namun 40% dari bahan bakar yang dipakai juga harus merupakan sumber daya berkelanjutan. Pada 2027 nanti, barulah seluruh kelas balap Grand Prix wajib memakai bahan bakar 100% non-fosil.

Dorna juga menyatakan bahwa langkah ini sudah disepakati oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA), dan Asosiasi Pabrikan MotoGP (MSMA). Keempat pihak ini berkomitmen untuk menciptakan olahraga dan masa depan yang berkelanjutan demi mengurangi jejak karbon.

Ungkapan Jorge Viegas Presiden FIM

“Saya sangat bangga atas pengumuman ini. Usai berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun bernegosiasi dengan perusahaan dan pabrikan bahan bakar, kami akhirnya mencapai kesepakatan. Ini akan membantu MotoGP memimpin revolusi nyata untuk energi berkelanjutan.

“Kami benar-benar ingin menunjukkan jalan kepada semua pabrikan motor bahwa tetap memungkinkan untuk bersenang-senang meski memakai bahan bakar dari energi berkelanjutan.

“Kami berharap bisa memakai bahan bakar bebas karbon di kompetisi kami pada 2027, memimpin jalan dan menunjukkan bahwa, meski dunia balap adalah bagian kecil dari emisi, kami harus menjadi pemimpin perubahan ini. Terima kasih kepada seluruh pihak atas negosiasinya, akhirnya kini kita bisa mengumumkan kabar yang baik.”

Sumber : bola.net