Bonus New Member

Roda Tiga Yang Berisik Dan Nyentrik Menjadi Legendaris

Wargoal.com  –  Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kendaraan Bajaj? Roda tiga, berisik, nyentrik. Betul banget, di ibu kota Jakarta, Bajaj sudah jadi kendaraan umum yang legendaris.  Warna oranye yang Jakarta banget susah dilupakan. Belum lagi pintunya yang berkarat. Umumnya, Bajaj kerap ngetem dekat pasar-pasar atau pusat perbelanjaan. Jadi nggak heran tuh, kalau atap Bajaj sering jadi tempat penyimpanan barang dadakan. Biar suaranya bising, angkutan ini punya peran penting buat sebagian kalangan.

Gimana sih asal usul Bajaj? Kok ada kendaraan rodanya tiga? Awalnya bahan Bajaj itu motor yang diimpor dari Italia. Desain aslinya Vespa Piaggio 150 GS. Motor ini buat dikonsumsi negara berkembang yang bisa jadi transportasi rakyat. Seiring waktu, Vespa 150 GS ini dimodifikasi jadi roda tiga dengan nama Bajaj. Saat itu pula, negara India tertarik untuk membeli motor ini. Pada tahun 1971, Bajaj memisahkan diri dari pabrikasi Piaggio di Italia dan malah getol memproduksi motor berlabel Bajaj.

Sejarawan mengatakan, Bajaj mulai mengaspal di jalanan Jakarta itu pada dekade 70-an. Kehadirannya untuk menggantikan becak. Pada tahun 1975, Bajaj mulai diimpor dan masuk ke DKI oleh Gubernur terdahulu Ali Sadikin. Singkat kata, bajaj kemudian menjelma menjadi identitas Jakarta. Benar saja, acara seremonial Jakarta nggak lengkap tanpa kendaraan roda tiga ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Bajaj sebagai produsen motor asal India, memproduksi massal motor roda tiga ini. Seiring waktu juga, bajaj bukan sekadar jadi alat transportasi biasa di negeri asalnya. Macam-macam modifikasi Bajaj lahir di Negeri Sungai Gangga itu.

Di India Bajaj dijadikan ajang perlombaan untuk menyedot daya tarik wisatawan. Tapi harus hati-hati, dari sisi keamanannya masih diragukan. Fenomena modifikasi balap bajaj ini didorong oleh kompetisi yang bernama Rickshaw Challenge. Awal mulanya pada tahun 2006 ketika Princely Jeyachandran dan Aravind Bremanandam memutuskan jalan bareng keliling Eropa.

Dari sinilah Bajaj mulai dimodifikasi yang mendapat akses ke mekanis dan ilustrator untuk menyulap Bajaj yang polosan lebih bergaya dan nyentrik buat reli. Dan benar saja, permintaan modifikasi Bajaj akhirnya membludak.

Princely dan Aravind akhirnya membuat situs yang namanya Pimp My Shaw. Jadi lewat situs itu orang yang tertarik modifikasi Bajaj akan dipandu mencari mekanik sampai desainer agar wajah Bajaj impian bisa terealisasi. Modifikasi bajaj paling populer yakni bertemakan Scooby Doo Mystery Machine. Bajaj dengan konsep ini punya aura misterius sekaligus unik.

Ingin dapat seputar otomotif dan prediksi angka yang akurat? Yuk gabung di grup telegram! > linknya ada disini.

Sumber : Superadventure.co.id

Promo Komisi