Wargoal

Review Film: Enola Holmes (2020)

WARGOAL.COM – Pada September ini, layanan streaming Netflix kembali menghadirkan berbagai konten orisinalnya yang memiliki jalan cerita menarik. Salah satu konten orisinal yang hadir pada September ini di layanan tersebut adalah film drama-misteri berjudul Enola Holmes (2020).

Film yang dibintangi oleh Millie Bobby Brown ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Nancy Springer. Kisahnya berfokus pada Enola Holmes yang merupakan adik perempuan dari detektif terkenal di dunia, yaitu Sherlock Holmes. Pada film ini, Enola memecahkan teka-teki untuk mencari ibunya yang hilang secara misterius di hari ulang tahunnya yang ke-16.

Proses Enola dalam memecahkan kasus yang ada pada film orisinal Netflix ini dibuat sangat ringan dan juga menyenangkan bagi penontonnya. Jadi, buat kalian yang ingin nonton film misteri tanpa harus mikir keras, Enola Holmes bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Hal yang paling menarik perhatian dalam film ini adalah penampilan para aktor-aktris yang memerankan tiga Holmes bersaudara. Millie Bobby Brown sukses membawa sosok Enola dari novel ke film dengan akting yang brilian sekaligus menggemaskan. Bisa dibilang, Enola Holmes merupakan karakter ikonis Brown kedua setelah Eleven di Stranger Things.

Fourth-Wall Breaking merupakan sebuah keadaan dalam sebuah film ketika salah satu karakternya seolah menyadari keberadaan penonton. Konsep ini pun turut dihadirkan dalam film Enola Holmes. Jadi, ketika kalian menyaksikan film ini, Enola akan seolah menyadari keberadaan kalian yang menonton petualangannya. Hal ini pun membuat Enola Holmes terasa lebih personal ketimbang film lainnya.

Selain misteri yang bisa dibilang terpecahkan, ada juga sejumlah pesan yang dapat kita petik pada akhir filmnya. Sebab, Enola yang merupakan ‘anak rumahan’, tidak cuma bertualang untuk memecahkan misteri saja, tetapi juga buat mencari jati diri serta tujuan hidupnya yang pada akhirnya dia temukan. Berdasarkan hal tersebut, ada pesan bahwa kita harus mau keluar dari zona nyaman untuk menemukan sebuah tujuan hidup sesungguhnya.

Lalu, kalau mengacu pada ending-nya, tampaknya kisah dari film ini masih akan berlanjut. Hal ini karena masih ada beberapa misteri yang belum terungkap serta ada peluang untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi hubungan antarkarakternya. Lagipula, novel Enola Holmes menjadi sumber cerita dari film ini juga terdiri dari beberapa buku dengan ragam kisah petualangan sang gadis detektif.

Secara garis besar, Enola Holmes cocok buat kalian yang suka genre misteri dengan plot yang ringan atau sekadar suka dengan seri buku Sherlock Holmes. Kalau kalian berminat, film ini sudah bisa disaksikan secara streaming di Netflix sejak 23 September 2020.

Exit mobile version