Mengintip Gaji Wasit NBA

Wargoal.com – Wasit memegang peran besar dalam sebuah pertandingan. Ketegasan wasit diperlukan dalam memimpin pertandingan besar. Namun menurut NBC Sports, mereka juga rentan terlibat dalam skandal seperti perjudian dan pengaturan pertandingan. Untuk itu, NBA memberikan gaji yang terbilang besar untuk wasitnya.

Seorang wasit di NBA memang tidak memiliki bayaran berjuta-juta dolar seperti pemain. Tapi di NBA, gaji wasit terbilang besar. Meski sampai sekarang liga belum pernah merilis secara resmi besaran gaji seorang wasit. Dikutip dari Career Trend, pada tahun 2018, gaji wasit NBA diperkirakan mencapai AS$250 ribu atau setara 3,5 miliar rupiah per musim.

Sementara itu, situs Sportskeeda memperkirakan gaji wasit di NBA antara AS$150 sampai AS$550 ribu per musim. Dengan kata lain, gaji maksimal wasit NBA mencapai 7,8 miliar rupiah dalam satu musim.

Terbaru, situs Career Explorer Guide melansir perkiraan gaji wasit yang terenda di NBA untuk musim 2021-2022 sebesar AS$180 ribu atau setara 2,5 miliar rupiah per musim. Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa gaji wasit di final NBA dinaikkan sebesar AS$30 ribu per pertandingan.

Saat ini di NBA ada 75 wasit yang siap memimpin pertandingan untuk musim 2021-2022. Mereka semua sudah mendapatkan vaksin lengkap. Karena NBA mewajibkan wasit dan perangkat pertandingan untuk vaksinasi covid-19.

Gaji wasit di NBA terus meningkat dari waktu ke waktu. The Sports Economist, pada tahun 1983 gaji terendah wasit di NBA sebesar AS$18 ribu, kemudian meningkat menjadi AS$72 ribu pada tahun 1994. Sedangkan pada tahun 2009, gaji wasit terendah untuk di NBA sebesar AS$91 ribu, atau setara dengan 1,2 miliar rupiah.

Ingin dapat info seputar Basket dan prediksi angka yang akurat. Yuk gabung ke grup telegram >>>klik disini

Sumber : mainbasket.com