Mengenal Lebih Manfaat Serum Retinol

WARGOAL.COM – Serum retinol merupakan standar emas dalam perawatan kulit anti-aging. Bahan aktif ini bermanfaat untuk mempercepat pergantian kulit, merangsang produksi anti kolagen, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Manfaat serum retinol yang lain adalah mengurangi jerawat.

Serum retinol merupakan salah satu produk perawatan kulit yang populer, terutama di kalangan wanita yang sudah berusia di atas 30 tahun. Hal itu karena retinol merupakan bahan aktif yang dianggap sebagai standar emas dalam perawatan anti-aging.

Manfaat Retinol

Ya, bisa dibilang manfaat utama serum retinol untuk kulit adalah untuk mencegah penuaan dini. Molekul kecil retinol bisa masuk ke dalam lapisan kulit (dermis) dan membantu menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan sel. Bahan aktif ini juga bisa meningkatkan pergantian sel kulit di permukaan dan membuat sel-sel baru tumbuh di bawahnya. Retinol juga bisa merangsang sintesis kolagen yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Namun, tidak hanya sebagai anti-aging yang baik, sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan serum retinol.

Sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya kamu mengenal retinol terlebih dahulu. Retinol adalah turunan sintetis dari vitamin A, kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang banyak ditemukan dalam makanan, seperti wortel, telur, dan ubi jalar.

Menurut Dokter

Menurut Dr. Tina Alster dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, ketika retinol dioleskan, ia berubah menjadi asam retinoat oleh enzim khusus yang ada di kulit. Asam retinoat juga bisa diaplikasikan secara topikal, tetapi jauh lebih keras daripada krim atau serum retinol, karena bahan tersebut tidak bisa berubah secara alami seiring waktu.

Retinol mencegah penuaan dini dengan cara mengubah perilaku sel-sel tua dan membuat mereka tampak lebih muda. Bahan ini menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit, membuat kulit lebih bercahaya, dan mengatasi tanda-tanda penuaan.

Dalam perawatan kulit anti-aging, retinol berperan untuk membantu mempercepat pembaruan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan, tekstur tidak rata, dan bintik-bintik penuaan.

Mengaplikasikan serum retinol bisa memberikan manfaat berikut pada kulit:

  • Mencegah kerutan, karena retinol memiliki efek mengurangi dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan yang muncul di wajah.
  • Mencerahkan kulit kusam dengan menyebabkan pengelupasan pada tingkat sel, yang menghasilkan kulit baru yang lebih cerah dan halus.
  • Mengendalikan kulit berminyak dan mengurangi jerawat.
  • Memudarkan bintik-bintik gelap penuaan, bintik matahari dan hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit dari waktu ke waktu.

Namun, di balik manfaatnya yang besar untuk kulit, serum retinol juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan.

Retinol merupakan bahan yang sangat kuat, sehingga ia bisa menyebabkan kulit memerah atau mengelupas bila digunakan terlalu sering. Kulit kering, pecah, dan bahkan beberapa jerawat juga bisa terjadi pada saat kamu pertama kali menggunakan retinol dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Namun, biasanya hanya butuh sedikit waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri terhadap bahan tersebut.

Saat yang tepat menggunakan retinol

Kamu bisa menggunakan serum retinol satu sampai dua kali per minggu untuk minggu pertama, lalu bila reaksi kulit masih aman, kamu bisa meningkatkannya secara bertahap. Namun, bila ada kemerahan atau pengelupasan, gunakan seminggu sekali selama sebulan, kemudian tingkatkan menjadi dua kali seminggu. Pantau kulit untuk memeriksa adanya iritasi sebelum meningkatkan penggunaan.

Setelah mengaplikasikan serum retinol, tunggu lah selama 20–30 menit agar menyerap di kulit, sebelum mengaplikasikan produk lain di atasnya. Penting juga untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit saat menggunakan serum retinol. Hal itu karena retinol bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Untuk mencegah penuaan dini, direkomendasikan untuk memasukkan serum retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit pada usia 30, sebanyak 3–4 kali dalam seminggu. Bagi wanita berusia 40 tahunan, menggunakan serum retinol setiap malam bisa bermanfaat. Bagi wanita berusia 50-an dan seterusnya, gunakan serum retinol 5–7 kali setiap minggu.

Sumber: halodoc.com