Memahami Fungsi Dan Kegunaan Tipe Helm

 

Wargoal.com – Helm adalah perlengkapan sepeda motor yang wajib digunakan. Fungsinya sangat vital untuk melindungi kepala jika terjadi benturan atau kecelakaan. Sebaiknya helm yang dipilih sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI), aman dan nyaman ketika digunakan.

Walaupun kita berkendara dengan jarak yang dekat tetap wajib menggunakan helm. Pengendara juga perlu memahami jenis-jenis helm dan fungsinya yang aman serta nyaman saat berkendara kemana pun. Saat ini terdapat tiga jenis helm yang beredar di pasaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa jenis – jenisnya :

  1. Helm full face

Helm jenis ini merupakan salah satu pelindung kepala paling aman digunakan, karena benar – benar melindungi bagian otak belakang, rahang, dan bagian wajah ketika terjadi kecelakaan. Biasanya helm full face ini dipakai oleh para pembalap motor dan juga bikers yang hobi melakukan perjalanan touring dengan jarak tempuh yang jauh. Namun tidak ada salahnya digunakan di dalam kota karena helm full face aman untuk meminimalisir risiko ketika mengalami kecelakaan.

  1. Helm open face

Helm jenis ini juga termasuk helm yang aman karena dapat melindungi otak bagian belakang dan rahang.Helm open face atau biasa disebut half face biasanya digunakan untuk kegiatan sehari – hari saat mengendarai sepeda motor atau dalam mobilitas jarak yang pendek. Tidak disarankan menggunakan helm ini ketika berkendara jarak jauh apalagi jika menggunakan sepeda motor dengan kapasitas cc yang besar.

  1. Helm offroad

Helm ini sejenis dengan model full face. Hanya saja digunakan ketika akan masuk ke jalur offroad. Helm ini biasanya digunakan saat mengendarai motor trail untuk balapan motocross atau kegiatan adventure ke gunung dan hutan.Helm jenis offroad memberikan proteksi lebih, bukan hanya sekedar untuk melindungi bagian kepala, namun juga bagian dagu yang dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan ekstrem di jalur offroad.

Sementara bagian topi helm berfungsi untuk menahan cipratan tanah dari ban belakang motor pengendara offroad lainnya. Untuk itu setiap pengendara wajib memahami fungsi dan kegunaannya masing – masing sesuai kondisi dan kebutuhan. Karena helm bukan hanya keamanan saja namun juga sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle saat berkendara kemanapun. Tetap cari yang aman dan nyaman.

Ingin dapat seputar otomotif dan prediksi angka yang akurat? Yuk gabung di grup telegram!linknya ada di sini.

Otosia