Marc Klok Tambah Daftar Gol Tak Disahkan

Wargoal.com – Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta, Sabtu (20/11/2021), diwarnai kontroversi. Tendangan Marc Klok tak disahkan menjadi gol yang mewarnai lagi duel ini. Bermula dari pelanggaran Yann Motta terhadap Geoffrey Castillion, wasit pun memberi tendangan bebas buat Persib. Marc Klok yang mengeksekusi bola dengan cerdik langsung mengarahkan bola ke tiang dekat. Bola berhasil diamankan oleh kiper Persija Andritany Ardhiyasa yang mendorongnya keluar. Hanya saja, dalam tayangan ulang nampak sepintas bola telah masuk ke gawang sebelum dihalau Andritany.

Tak ada yang menyadari bahwa bola diduga sudah melewati garis gawang kecuali Marc Klok sendiri karena laju begitu cepat hanya sepersekian detik saja. Marc Klok pun tak melakukan protes berlebihan atas tendangan yang diklaimnya sudah masuk ke gawang. Pernyataan bahwa tendangan itu seharusnya sah menjadi gol baru dilontarkan.

“Saya ingin melihat dari video soal gol kami di menit pertama yang mana tidak disahkan. Karena dari tayangan ulang nampak itu sudah melewati garis. Saya rasa ini hasil yang sangat mengecewakan, kami tidak bisa menjaga rentetan kemenangan dan gagal menduduki puncak klasemen hari ini,” kata Pelatih Persib Robert Rene Alberts seusai laga. Sementara Marc Klok mengklaim bahwa tendangannya seharusnya sah menjadi gol. Itu ia utarakan lewat akun media sosial miliknya. “Jelas gol,” tulis Marc Klok yang mengunggah video tayangan ulang dari peristiwa itu. Ini adalah kali ketiga insiden terjadi dalam era Liga 1 dalam pertemuan Persib dan Persija. Paling diingat tentu saja sundulan Ezechiel N’Douassel yang sudah jelas mengenai jaring atas gawang Persija Jakarta, tetapi tidak disahkan menjadi gol pada Liga 1 2017.

Sementara Persija juga pernah merasakannya pada Liga 1 2019. Tandukan Marko Simic yang menyambut tendangan sudut sepintas sudah melewati garis sebelum keluar gawang lagi. Terlepas dari itu, sebenarnya tak ada cuplikan video yang benar-benar menunjukkan bahwa bola telah 100 persen melewati garis gawang. Hanya tandukan Ezechiel saja yang sudah terlihat jelas masuk ke gawang. Sesuai Laws of the Game FIFA, gol hanya sah jika bola telah sepenuhnya melewati garis gawang. Di sepakbola top dunia, Liverpool pernah merasakan gol tak disahkan pada laga melawan Manchester City musim 2018/19.

Bola sepakan Sadio Mane dinyatakan belum sah menjadi gol berdasarkan keputusan teknologi garis gawang karena sisi terluar bola masih sejajar dengan garis gawang. Liverpool akhirnya kalah 1-2 pada laga itu yang mengakibatkan mereka gagal juara musim itu karena cuma terpaut satu angka dari Manchester City. Juara Liga Inggris pada musim itu akan berbeda andai tendangan Mane dinyatakan sebagai gol. Detail-detail kecil dalam sepakbola bisa mengubah hasil pertandingan bahkan hasil kompetisi.

sumber : detik.com