La Liga

Klasemen Liga Spanyol

Klasemen Liga Spanyol, Jadwal Sepakbola Liga Spanyol, Hasil Pertandingan dan Top 10 Pencetak gol Liga Spanyol. Wargoal Berita Sepakbola terupdate , Sepakbola Internasional, Euro 2020, sepakbola nasional Liga Indonesia dan prediksi sepakbola dan angka

Liga Spanyol atau sering juga disebut La Liga adalah nama dari sebuah kompetisi sepakbola profesional tertinggi di Negeri Matador. Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Liga de Fútbol Profesional (LFP) yang berada di bawah payung konfederasi UEFA. Sejak 1997, La Liga diikuti oleh 20 klub sepak bola papan atas yang saling berhadapan untuk memperebutkan puncak klasemen Liga Spanyol dan meraih gelar La Liga.

Baca semua informasi terbaru tentang Liga Spanyol hanya di Wargoal situs berita bola online terlengkap dan terupdate di Indonesia.

Apa itu klasemen Liga Spanyol?

Klasemen Liga Spanyol adalah tabel yang menunjukkan peringkat sementara 20 klub sepak bola terbaik di Negeri Matador. Peringkat ini diurut berdasarkan jumlah akumulasi poin yang dimiliki oleh masing-masing tim selama musim kompetisi La Liga berlangsung.

Pemenang adalah klub yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak selama musim kompetisi. Sementara untuk tiga klub yang berada di posisi klasemen paling bawah akan terdegradasi ke Segunda Division atau kasta kedua dalam sistem liga sepak bola di Spanyol pada musim selanjutnya.

Mirip dengan Liga Inggris, tiga tim yang terdepak dari La Liga nantinya akan diganti oleh dua tim yang berhasil menjadi juara dan runner up di Segunda Division pada musim yang sama. Sementara untuk satu tim terakhir ditentukan lewat rangkaian play-off antara klub peringkat ke-3 sampai ke-6 di Segunda Division.

Jadwal dan Format Kompetisi Liga Spanyol

Liga Spanyol diadakan setiap tahun mulai dari bulan Agustus sampai dengan Mei. Kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Spanyol ini diikuti oleh 20 klub terbaik Negeri Matador yang saling berhadapan untuk memperebutkan posisi puncak klasemen Liga Spanyol.

Secara umum, Liga Spanyol memiliki format pertandingan yang serupa dengan Liga Primer Inggris, Liga Italia, Liga Belanda, Liga Prancis, dan Liga Jerman, yaitu menggunakan format kompetisi penuh atau double round-robin. Dalam format ini, setiap klub mendapat jatah bermain dengan klub lain sebanyak dua kali, sekali di kandang dan sekali tandang, untuk total 38 pertandingan.

Tim yang menang akan mendapat dua poin dan yang kalah nol poin. Sementara untuk pertandingan yang berakhir seri, masing-masing tim berhak mendapatkan 1 poin. Peringkat klasemen Liga Spanyol diurut berdasarkan tim dengan total poin terbanyak dimana klub yang meraih peringkat tertinggi di akhir musim akan dinobatkan sebagai juara La Liga.

Apabila terdapat dua tim dengan jumlah poin yang sama di akhir musim, maka pemenang akan ditentukan lewat selisih gol dan jumlah gol yang dicetak. Jika masih imbang lagi, pemenang ditentukan lewat sistem fair play dimana tim dengan jumlah pelanggaran paling sedikit menang.

Misalnya posisi masih imbang juga, maka langkah terakhir adalah dengan mempertemukan kembali kedua tim tersebut untuk berlaga di stadion yang netral.

Sejarah Liga Spanyol

Sejarah Liga Spanyol bermula dari gagasan Jose Maria Acha, direkur Arenas Club de Getxo, yang pada tahun 1928 mengusulkan tentang pembentukan sebuah kompetisi liga sepak bola tingkat nasional di Spanyol. Setelah melalui banyak perdebatan dengan berbagai pihak, Real Federación Española de Fútbol akhirnya menyetujui gagasan tersebut dengan membentuk Primera Division, nenek moyang La Liga, pada tahun 1929.

Kompetisi pertama Primera Division diikuti oleh 10 klub besar Spanyol pada saat itu termasuk Barcelona, Real Madrid, Real Sociedad, Arenas Club de Getxo, Real Union, dan Atletik Bilbao. Barcelona adalah klub pertama yang memenangkan Primera Division pada tahun 1929.  Setelah itu, diikuti oleh dua kali kemenangan berturut-turut Atletik Bilbao pada tahun 1930 – 1931.

Real Madrid memenangkan gelar pertama mereka pada tahun 1932 dan 1933 dimana runner up pada dua musim tersebut juga diraih oleh Atletik Bilbao. Pada musim berikutnya, gelar kembali jatuh ke tangan Atletik Bilbao pada tahun 1934 dan 1936 sebelum Primera Division akhirnya diskors sementara akibat perang saudara yang terjadi di Spanyol.

Bagaimana dengan musim kompetisi 1935? Pada saat itu, kompetisi berhasil dimenangkan oleh Real Betis. Ini merupakan satu-satunya gelar La Liga yang pernah diraih tim berjulukan Betis Balampoe sepanjang sejarah Liga Spanyol.

Sejak tahun 1934 sampai 1941, jumlah tim yang berpartisipasi dalam kompetisi Primera Division menjadi 12 klub. Setelah itu, jumlah tim yang ikut kompetisi terus bertambah dua sampai paling banyak pada musim kompetisi 1995 – 1997 dimana ada total 22 klub yang bertanding sebelum kemudian dikurangi menjadi 20 klub pada tahun 1997 sampai sekarang.

Berikut ini perubahan jumlah klub yang pernah terjadi dalam sejarah kompetisi Liga Spanyol:

Periode La Liga (dalam tahun)Jumlah Klub
1929–193410 klub
1934–194112 klub
1941–195014 klub
1950–197116 klub
1971–198718 klub
1987–199520 klub
1995–199722 klub
1997 – sekarang20 klub

 

LaLiga dilanjutkan kembali

Setelah vakum selama 3 musim dari 1936 – 1939, ajang La Liga kembali dilanjutkan pada tahun 1940 yang dimenangkan oleh Atletico Madrid. Selama tahun 1940-an, Atletico Madrid, Barcelona FC, dan Valencia menjadi tiga tim terkuat dalam La Liga dimana Barcelona dan Valencia berhasil mengoleksi 3 gelar dan 2 gelar untuk Atletico Madrid selama kurun waktu 10 tahun tersebut.

Sementara untuk dua gelar lainnya, satu sukses disabet oleh Atletik Bilbao pada tahun 1943 dan satunya lagi berhasil diperolah Sevilla setelah menang head to head point dengan Atletic Bilbao pada klasemen Liga Spanyol tahun 1946.

Memasuki tahun 1950, ajang sepak bola La Liga mulai didominasi oleh dua tim El Classico yaitu The Cules (Barcelona FC) dan Los Blancos (Real Madrid). Selama 92 tahun Liga Spanyol diselenggarakan, total ada 34 gelar La Liga yang sukses diraih Real Madrid. Setelah itu diikuti oleh Barcelona dengan total raihan 26 gelar La Liga dan di posisi ketiga terdapat Atletico Madrid dengan 10 gelar.

Fakta Liga Spanyol

Sebagai salah satu liga sepak bola profesional yang paling banyak ditonton di dunia, Liga Spanyol memiliki sejumlah fakta menarik untuk diketahui, antara lain:

  • Sepanjang sejarah La Liga, hanya ada tiga klub yang belum pernah terdegradasi ke Segunda Division, yaitu Barcelona, Real Madrid, , dan Athletic Bilbao.
  • El Classico atau pertandingan antara Barcelona dan Real Madrid menjadi pertandingan yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar La Liga
  • Atletik Bilbao pernah mempercundangi Barcelona dengan skor 12 -1 pada tahun 1931
  • Cristiano Ronaldo menjadi pemain dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah La Liga, dengan nilai transfer mencapai 90 juta Euro
  • Lionel Messi adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Spanyol dengan total 467 gol

Berita Liga Spanyol Terbaru

Bagi Anda yang ingin mengetahui update terbaru klasemen liga Inggris , silakan kunjungi Wargoal situs berita bola online terlengkap di Indonesia. Bukan hanya menyediakan kabar tentang Liga Inggris, Anda juga dapat menikmati informasi terbaru tentang klasemen liga jerman, klasemen liga prancis, klasemen liga belanda, grup dan jadwal euro 2020, jadwal lengkap euro 2020, dan top skor euro 2020 di situs Wargoal.

Simak berita terbaru tabel dan klasemen liga Spanyol hanya di Wargoal situs berita bola online terlengkap di Indonesia yang menampilkan beragam sajian informasi sepak bola terbaru dan terupdate dari seluruh dunia. Salah satu kabar menarik yang dapat Anda baca di Wargoal adalah tentang Euro 2020, mulai dari informasi tentang grup dan jadwal euro 2020, jadwal lengkap euro 2020, sampai dengan top skor euro 2020. Untuk update skor pertandingan terbaru, gunakan fitur livescore wargoal yang terdapat di menu utama.