Liga Italia

Klasemen Liga Italia

Klasemen Liga Italia, Jadwal Sepakbola Liga Italia, Hasil Pertandingan dan Top 10 Pencetak gol Liga Italia. Wargoal Berita Sepakbola terupdate , Sepakbola Internasional, Euro 2020, sepakbola nasional Liga Indonesia dan prediksi sepakbola dan angka

Liga Italia atau yang lebih sering disebut dengan Serie A merupakan sebuah kompetisi sepak bola profesional tertinggi di sistem liga sepak bola Italia. Kompetisi yang diikuti oleh 20 tim sepakbola terbaik Italia ini telah berjalan lebih dari 90 tahun menggunakan format sekarang dan 123 tahun jika dihitung dari tahun pertama Liga Italia dibentuk. Cek posisi klasemen liga Italia terbaru hanya di Wargoal – situs berita bola online tercepat dan terlengkap di Indonesia.

 

Apa itu klasemen Liga Italia?

Klasemen liga Italia adalah tabel yang menunjukkan ranking atau peringkat 20 klub sepak bola terbaik di Italia selama musim kompetisi Serie A. Peringkat klasemen ini diurut berdasarkan tim dengan jumlah raihan poin tertinggi dimana tiga klub yang menduduki posisi terbawah akan degradasi secara otomatis ke Liga Serie B pada musim selanjutnya.

Sementara untuk tiga tim yang akan mengisi posisi tersebut diambil dari dua tim pemenang kompetisi dan runner up Lige Serie B, serta yang satunya lagi ditentukan lewat jalur play-off antara 6 tim yang menduduki posisi klasemen ke-3 sampai ke-8.

Jadwal dan format kompetisi Liga Italia

Setiap tahunnya, terdapat 20 klub sepakbola papan atas yang bertanding untuk memperebutkan posisi puncak klasemen liga Italia. Kompetisi sepak bola bergengsi ini diadakan setiap tahun mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Juni.

Dalam laga Serie A Italia, masing-masing tim mendapat jatah bertanding total sebanyak 38 pertandingan dengan sistem kandang dan tandang. Sehingga setiap klub yang berpartisipasi dalam kompetisi ini memiliki kesempatan bertarung dua kali melawan tim yang sama.

Oleh karena itu, dalam kompetisi utama Liga Italia digunakan sistem putaran round-robin, yaitu format pertandingan sepakbola yang membagi pertandingan menjadi dua putaran. Pada putaran pertama, disebut andata, setiap klub akan bertanding melawan 19 tim berbeda di kandang sendiri atau di kandang lawan. Sementara pada putaran kedua, disebut ritorno, masing-masing klub akan diadu kembali, namun di tempat pelaksanaan pertandingan yang berbeda.

Jadi, jika sebelumnya klub A bermain di kandang sendiri pada putaran pertama melawan klub B. Maka pada putaran kedua klasemen Liga Italia klub A lah yang akan bertandang ke markas klub B untuk melangsungkan pertandingan putaran kedua.

Sejak musim 1994-95, Liga Serie A Italia mulai mengadopsi sistem tiga poin untuk tiap kemenangan dengan satu poin untuk hasil pertandingan seri dan nol poin untuk tim yang mengalami kekalahan.

Format pertandingan seperti ini juga berlaku secara umum di liga-liga sepakbola profesional lainnya di dunia seperti di Liga Primer Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman, Liga Prancis, dan Liga Belanda.

Sejarah Liga Italia

Sejarah beridirinya liga Serie-A

 

Liga Serie A Italia sebetulnya sudah berdiri sejak 1898 atau sekitar 123 tahun yang lalu. Pada kala itu kompetisi ini belum menggunakan format pertandingan tunggal seperti yang kita kenal sekarang, tetapi masih diorganisir ke dalam kelompok-kelompok regional di bawah payung Federazione Italiana del Football atau Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) yang didirikan pada 16 Maret 1898 di Kota Turin.

Sejak saat itu, popularitas Liga A di kalangan penggemar sepakbola Negeri Pizza merangkak naik dan mendorong banyak tim sepak bola baru untuk bergabung dan berpartisipasi dalam kejuaraan regional. 18 tahun kompetisi ini bergulir terpaksa harus berhenti sejenak akibat dari meletusnya perang Dunia I di Italia pada tahun 1916 sampai 1919.

Lahirnya Konfederasi Sepak Bola Italia (CCI)

Setelah perang dunia I berakhir, gelaran kompetisi sepak bola di Italia pun kembali bergulir seperti sedia kala bahkan lebih baik dari kondisi sebelumnya. Akan tetapi, hal ini tak pelak juga membawa petaka sendiri bagi FIGC. Banyaknya jumlah tim yang berpartisipasi dalam Liga A ternyata memunculkan sejumlah gesekan di dalam tubuh FIGC khususnya dengan klub-klub besar Italia pada saat itu.

Ujung dari gesekan itu sendiri mengakibatkan FIGC terpecah dua sehingga melahirkan organisasi baru bernama Confederazione Calcistica Italiana (CCI) yang didirikan pada tahun 1921 di Milan, Italia. CCI sendiri merupakan nenek moyang dari Lega Serie A atau badan yang bertanggung jawab menyelenggarakan kompetisi sepak bola profesional utama di Italia, khususnya Serie A.

Perpecahan yang terjadi di tubuh FIGC mengakibatkan musim 1921/1922 dihiasi oleh dua kompetisi sepak bola profesional sekaligus. Satu di bawah payung CCI yang diikuti oleh klub-klub ternama Italia dan sisanya mengikuti turnamen yang dihelat FIGC dengan jumlah tim kesebelasan lebih kecil.

Musim Pertama Liga Serie A Italia

liga serie a

Gesekan antara CCI dan FIGC hanya berlangsung selama satu musim saja. Pada musim berikutnya, CCI memutuskan untuk kembali melebur dengan FIGC sehingga otomatis menghilangkan dualisme kompetisi di Italia.

Sebagai ujung dari konflik yang terjadi, pada tahun 1928, akhirnya FIGC memperkenalkan kompetisi baru bernama Liga Serie A Italia. Kompetisi ini memulai pertandingan perdananya pada tahun 1929 menggunakan sistem klasemen. Final pertama Liga Serie A Italia mempertemukan antara klub Genoa dan Inter Milan dimana Inter Milan berhasil keluar sebagai pemenang.

Format pertandingan Liga Italia terus berubah seiring waktu terutama dari sisi jumlah tim yang dapat berpartisipasi. Pada periode 1929 – 1934, jumlah tim yang boleh mengikuti kompetisi bergengsi ini hanya 18 klub. Namun pada periode 1934 – 1943, jumlah timnya dikurangi menjadi 16 klub saja.

Di periode berikutnya  (1946 – 1947), format pertandingan Liga Italia diubah kembali menjadi 20 klub yang boleh bertanding. Setelah itu menjadi 20 klub, lalu 18 klub, 16 klub, sampai dengan perubahan terakhir dilakukan pada tahun 2004 dimana posisi klasemen Liga Italia hanya dapat diisi oleh 20 klub terbaik Negeri Pizza pada musim berjalan.

Fakta Liga Italia

Juve Scudetto

 

Selama 90 tahun Liga Serie A Italia berjalan, banyak sekali rekor dan fakta-fakta menarik yang berhasil dicapai. Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik Liga Serie A Italia yang perlu Anda tahu:

  • Scudetto adalah gelar yang diberikan kepada tim yang berhasil keluar sebagai pemenang kompetisi Liga Serie A Italia. Gelar ini berupa lambang berbentuk perisai dengan wajah bendera Italia. Biasanya gelar scudetto ditambahkan pada jersey tim yang meraih trofi Serie A pada musim sebelumnya.
  • Juventus adalah tim yang paling banyak mengoleksi gelar Scudetto sepanjang sejarah Serie A, yaitu berjumlah 36. Tim berjulukan Nyonya Tua ini bahkan pernah mendapatkan gelar Scudetto 9 kali berturut-turut.
  • Inter Milan adalah tim kedua yang menjadi pemilik Scudetto terbanyak, yakni berjumlah 18 Scudetto.
  • Genoa adalah tim pertama yang memenangkan Seri A Italia (dulu masih dikenal dengan Kejuaraan Italia) pada tahun 1989.
  • Kompetisi Seri A Italia awalnya sempat memakai sistem gugur sebelum beralih ke sistem klasemen seperti sekarang
  • Silvio Piola adalah pemain yang berhasil mencetak skor terbanyak, berjumlah 275 gol, sepanjang sejarah Liga Italia

Berita Liga Italia Terkini

Bagi Anda yang ingin mengetahui update terbaru tentang posisi klasemen liga Italia, Bundesliga, Ligue 1 Prancis, La Liga, Liga Belanda, dan Liga Primer Inggris, Anda dapat berkunjung ke Wargoal situs berita bola online terlengkap di Indonesia. Bukan hanya menyediakan kabar tentang Liga Italia, Anda juga dapat menikmati informasi terbaru tentang grup dan jadwal euro 2020, jadwal lengkap euro 2020, dan top skor euro 2020 di situs Wargoal.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses menu livescore wargoal untuk menyaksikan update skor bola terbaru di semua kompetisi dan liga sepak bola. Selamat menyaksikan.