EPL LOGO

Klasemen Liga Inggris

Klasemen Liga Inggris, Jadwal Sepakbola Liga Inggris, Hasil Pertandingan dan Top 10 Pencetak gol Liga Inggris. Wargoal Berita Sepakbola terupdate , Sepakbola Internasional, Euro 2020, sepakbola nasional Liga Indonesia dan prediksi sepakbola dan angka

Liga Inggris atau yang lebih umum dikenal dengan nama Liga Primer Inggris (Premier League) adalah sebuah kompetisi sepak bola utama di negeri Ratu Elizabeth. Liga ini diikuti oleh 20 klub sepak bola terbaik di Inggris yang dapat Anda lihat lewat tabel klasemen liga inggris di berbagai situs berita bola online seperti Wargoal.

 

Apa itu klasemen Liga Inggris?

Klasemen liga inggris adalah tabel yang menunjukkan peringkat sementara 20 klub sepak bola papan atas di Inggris selama kompetisi Liga Primer berlangsung. Peringkat klasemen sendiri bersifat sangat dinamis atau dapat berubah-ubah tergantung dari jumlah akumulasi poin yang diperoleh masing-masing klub selama pertandingan.

Berdasarkan aturannya, tiga klub yang berada di posisi paling bawah di akhir kompetisi Liga Inggris akan otomatis terdegradasi ke kasta kedua liga sepakbola Inggris yaitu English Football League.

Sementara itu, untuk mengisi tiga tim yang terdepak dari Liga Primer, dua tim akan diambil secara otomatis dari dua klub utama yang memuncaki klasemen English Football League (EFL) dan satu tim lainnya bakal ditentukan melalui hasil pertandingan play-off antara klub peringkat ke-3 sampai ke-6.

Jadwal dan Format kompetisi Liga Inggris

Pada Liga Primer Inggris, terdapat 20 klub yang bermain untuk memperebutkan posisi puncak klasemen liga Inggris. Liga Utama ini dilaksanakan setiap tahun mulai dari Agustus hingga Mei dimana masing-masing klub saling bermain menghadapi lawannya dalam dua pertandingan menggunakan sistem round-robin.

Tim yang berhasil memenangkan pertandingan akan memperoleh 3 poin, sementara tim yang kalah tidak mendapatkan poin apa-apa. Untuk pertandingan yang berakhir imbang, masing-masing klub akan diberikan 1 poin. Peringkat klasemen liga inggris diurutkan berdasarkan total poin yang diperoleh, lalu selisih gol, dan terakhir jumlah gol yang dicetak.

Apabila hasilnya imbang, tim akan kembali melakukan pertandingan play­-off di tempat yang netral untuk menentukan peringkat apakah akan dipromosi atau terdegradasi.

Sejarah Liga Inggris

Berawal dari First Division

Sebelum dunia mengenal Liga Primer Inggris seperti sekarang, awalnya nama kompetisi sepakbola utama di The Black Country adalah First Division atau Divisi Pertama. Dibandingkan kompetisi serupa di negara lain seperti Liga Seria A Italia dan La Liga Spanyol , First Division yang dibentuk sejak tahun 1888 ini ternyata masih kalah jauh, baik dalam jumlah orang yang menonton maupun jumlah pendapatan.

Fakta tersebut membuat banyak pemain unggulan Inggris memutuskan untuk pindah ke luar negeri demi mencari pendapatan yang lebih layak. Misalnya, dengan bermain untuk klub-klub sepakbola di negara lain.

Buruknya industri persepakbolaan Inggris kala itu bahkan diperparah dengan maraknya aksi holiganisme yang dilakukan oleh sebagian pendukung klub sepakbola inggris seperti mengintimidasi pendukung tim lawan, perkelahian, hingga vandalisme atau perusakan fasilitas sepakbola yang tersedia.

Tragedi Haysel dan Sanksi UEFA untuk Tim Sepakbola Inggris

tragedi heysel

 

Kebiasaan buruk supporter Inggris ini menjadi semakin tidak terkendali hingga mencapai puncaknya pada tanggal 29 Mei 1985 dimana pada saat itu holiganisme yang tidak terkendali di tengah pertandingan antara Liverpool dan Juventus mengakibatkan timbulnya 39 korban jiwa (32 diantaranya adalah pendukung Juventus) dan 600 orang lainnya luka-luka.

Peristiwa yang memilukan bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia ini dikenal dengan nama Tragedi Heysel karena lokasi kejadiannya yang terletak di Stadion Heysel, Brussel, Belgia. Setelah dilakukan penyedilikan lebih lanjut, UEFA akhirnya memutuskan bahwa kesalahan sepenuhnya ada di pihak Liverpool.

Demi memberikan efek jera, UEFA pun memutuskan untuk melarang semua tim sepak bola inggris untuk melakukan pertandingan di pentas Eropa selama lima tahun dengan satu tahun tambahan larangan khusus untuk tim Liverpool.

Bangkitnya Sepak Bola Inggris

Setelah lima tahun lamanya dunia sepi dari kabar terbaru persepakbolaan Inggris, pada tahun 1990, UEFA akhirnya mencabut larangan bermain terhadap klub-klub Inggris di kompetisi Eropa. Pencabutan larangan ini membuat industri sepak bola Inggris kembali bergairah, apalagi setelah Manchester United berhasil memenangkan Piala Winners UEFA pada tahun 1991.

Semenjak itu, Inggris mulai banyak melakukan perubahan untuk memperbaiki keseluruhan ekosistem dunia sepak bola di negeri Ratu Elizabet. Salah satu upaya yang paling menonjol diinisiatif oleh klub-klub besar inggris yang ingin memperoleh lebih banyak pemasukan dari setiap pertandingan Liga Utama agar mereka memiliki kas yang cukup untuk membayar pemain, biaya perawatan stadion dan fasilitas pelatihan, hingga biaya promosi pertandingan.

Demi mencapai tujuan ini, klub-klub papan atas terus melakukan negosiasi dengan berbagai pihak, utamanya perusahaan televisi pemegang hak siar, agar persentase bagi hasil yang mereka peroleh bisa lebih besar. Untuk meloloskan negosiasi ini, sepuluh klub besar Inggris bahkan mengancam untuk meninggalkan First Division dan membentuk “liga super” jika harapan mereka tidak terkabul.

Terbentuknya Liga Utama Inggris

Pada tahun 1990, Greg Dyke selaku Direktur Pelaksana London Weekend Television (LWT) mengajak perwakilan dari lima klub sepak bola besar di Inggris antara lain Manchester Uniter, Everton, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur untuk makan malam. Di sela-sela makan malam, Greg Dyke mengajak mereka semua untuk mengundurkan diri dari The Football League untuk membentuk sebuah kompetisi baru demi memperbesar jumlah pendapatan yang diterima oleh masing-masing klub.

Mendengar ajakan dari Greg, kelima klub tersebut langsung menyatakan setuju lalu meneruskan rencananya dengan meminta restu dari FA selaku Asosiasi Sepakbola Inggris. Tanpa adanya persetujuan FA, mustahil rencana mereka dapat terwujud.

David Dean selaku pemilik klub Arsenal mulai mengadakan pertemuan dengan perwakilan FA untuk melihat apakah ada kemungkinan mereka dapat menerima ide tersebut. FA yang pada saat itu tidak memiliki hubungan baik dengan Football League menyetujui rencana pembentukan kompetisi baru tersebut untuk melemahkan posisi Football League.

Untuk membuatnya resmi, The FA merilis laporan bertajuk Blueprint for the Future of Football pada tahun 1991 yang memuat pernyataan tentang dukungan sepenuhnya terhadap pembentukan kompetisi Liga Utama dengan FA sebagai otoritas tertinggi yang akan mengawasi liga.

Pada penutupan musim 1991, sebuah proposal untuk menindaklanjuti usulan tersebut diajukan dan disetujui FA sehingga terbentuklah kompetisi baru bernama Liga Primer Inggris. Pada tahun 1992-1993, Liga Primer Inggris mengadakan pertandingan musim pertamanya yang diikuti oleh 22 tim. Setelah itu, aturan Liga Utama Inggris terus mengalami perkembangan hingga saat ini hanya diikuti oleh 20 tim sepak bola saja.

Fakta Liga Inggris

man-united-premier-league

Sejak musim pertama Liga Primer diadakan pada tahun 1992 sampai sekarang, Liga Inggris telah banyak menorehkan sejumlah rekor dan berbagai fakta menarik, diantaranya:

  • Manchester United adalah klub sepak bola tersukses sepanjang sejarah Liga Inggris dengan jumlah raihan trofi sebanyak 13
  • Arsenal berhasil memenangkan Liga Inggris tanpa satu kekalahan pun pada musim kompetisi 2003/2004
  • Baru ada 6 tim yang pernah memenangkan piala Liga Inggris antara lain Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Blackburn Lovers, Manchester City, dan Liverpool
  • Gelar Premier League pertama Manchester City diraih dengan selisih nol poin dengan Manchester United. Pada saat itu, MC berhak atas gelar juara karena unggul 8 gol dari MU
  • Hanya ada tiga pemain yang berhasil mendapatkan 2 kali gelar pemain terbaik dalam sejarah Liga Inggris, yaitu Cristiano Ronaldo, Thierry Henry, dan Nemanja Vidic

Berita Liga Inggris Terbaru

Bagi Anda yang ingin mengetahui update terbaru klasemen liga Inggris , silakan kunjungi Wargoal situs berita bola online terlengkap di Indonesia. Bukan hanya menyediakan kabar tentang Liga Inggris, Anda juga dapat menikmati informasi terbaru tentang klasemen liga jerman, klasemen liga prancis, klasemen liga belanda, grup dan jadwal euro 2020, jadwal lengkap euro 2020, dan top skor euro 2020 di situs Wargoal.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses menu livescore wargoal untuk menyaksikan update skor bola terbaru di semua kompetisi dan liga sepak bola.