EREDIVISIE

Klasemen Liga Belanda

Klasemen Liga Belanda, Jadwal Sepakbola Liga Belanda, Hasil Pertandingan dan Top 10 Pencetak gol Liga Belanda. Wargoal Berita Sepakbola terupdate , Sepakbola Internasional, Euro 2020, sepakbola nasional Liga Indonesia dan prediksi sepakbola dan angka

Liga Belanda adalah kompetisi sepak bola profesional tertinggi di Belanda. Liga Belanda atau Eredivisie berada di bawah payung Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB). Ini adalah organsisasi yang bertanggungjawab mengatur dan menyelenggarakan liga sepak bola utama di Belanda (Eredivisie dan Eerste Divisie), piala KNVB, liga amatir, dan tim nasional pria dan wanita. Total ada 18 klub yang tergabung dalam Eredivisie setiap musimnya. Masing-masing klub memiliki jatah dua kali bertanding dengan lawan yang sama untuk mengumpulkan poin. Pemenang adalah klub yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak dan berada di posisi teratas klasemen liga Belanda pada akhir musim.

 

Apa itu klasemen Liga Belanda?

Klasemen liga Belanda adalah tabel yang menunjukkan ranking atau peringkat sementara klub yang tergabung dalam Eridivisie. Peringkat klub diurut berdasarkan jumlah poin yang diperoleh masing-masing klub selama musim Liga Belanda berlangsung.

Di akhir musim, peringkat terbawah klasemen Liga Belanda otomatis terdegradasi ke kasta kedua, Eerste Divisie. Sementara tim yang menjadi juara Eerste Divisie akan dipromosi untuk menggantikan posisi klub yang terdegradasi pada musim selanjutnya.

Adapun dua klub yang menempati posisi 16 dan 17 Liga Belanda akan dipertemukan dalam sebuah turnamen dengan sejumlah klub perwakilan dari Eerste Divisie untuk memperebutkan dua tiket bermain di liga teratas Negeri Tulip.

Turnamen tersebut dibagi menjadi dua grup dan terdiri dari tiga babak panjang, antara lain:

  • Empat klub yang menempati peringkat 6-9 di Divisi Dua (Eerste Divisie) akan saling berhadapan di putaran pertama turnamen dengan total dua kali pertandingan setiap klub (kandang dan tandang). Dua tim terkuat di babak ini nantinya bakal maju dan bertarung kembali melawan dua tim terkuat dari grup lain.
  • Empat klub peringkat 2-5 Eerste Divisie dan 2 dari Eredivisie memulai putaran ke-2 turnamen. Pada putaran ini, setiap klub hanya memiliki jatah satu kali memainkan satu pertandingan playoff dengan tim lawan. Dua tim terkuat dari putaran ini maju ke babak selanjutnya.
  • Putaran ketiga adalah babak terakhir dari turnamen promosi/relegasi Liga Belanda. Empat tim terbaik dari putaran pertama dan kedua akan saling berhadapan untuk untuk memperebutkan dua tiket promosi bermain di divisi teratas.

Di antara semua kompetisi Liga yang ada di Eropa, sistem promosi dan degradasi Liga Belanda menjadi yang paling rumit dan panjang karena masih harus melewati turnamen yang mempertemukan 10 klub.

Jadwal dan format pertandingan Liga Belanda

Liga Belanda diselenggarakan setiap tahun oleh KNVB yang dimulai pada awal bulan Agustus sampai dengan akhir Mei. Liga yang diikuti oleh total 18 klub terbaik di Negeri Tulip ini menggunakan format pertandingan kompetisi penuh atau double round-robin.

Jadi, dalam kompetisi ini setiap klub akan berhadapan dengan 17 klub lainnya dengan masing-masing klub mendapat jatah dua kali bermain melawan tim yang sama. Berdasarkan aturannya, klub yang menempati peringkat terbawah klasemen Liga Belanda akan degradasi ke Eerste Divisie pada musim selanjutnya dan digantikan oleh juara pertama dari Divisi Dua.

Dua klub lain yang menempati tiga posisi terbawah klasemen Eredivisie akan dipertemukan dalam sebuah turnamen melawan 8 klub terbaik Eerste Divisie (peringkat 2-9) untuk memperebutkan dua tiket terakhir bermain di Liga Utama Belanda.

Sejarah Liga Belanda

Menurut sejarah, Liga Belanda didirikan pada tahun 1956 atau dua tahun setelah Negeri Tulip mengadopsi sistem sepak bola profesional di negara mereka. Sebelum itu, semua pertandingan sepak bola di Belanda masih dimainkan secara amatir meskipun sejak tahun 1898 Belanda sudah memiliki kejuaraan sepak bola nasional yang gelar juaranya diputuskan melalui pertandingan play-off antara klub-klub yang memenangkan liga regional.

Pada saat itu, KNVB menolak segala bentuk pembayaran dalam kompetisi sepak bola profesional di Belanda dan sebagai konsekuensinya menangguhkan semua pemain yang ketahuan menerima gaji atau biaya transfer dalam kompetisi sepak bola.

Memasuki awal tahun 1950an, tim sepak bola Belanda mulai menderita kekurangan pemain akibat banyak dari mereka yang pergi bermain di luar negeri untuk mencari keuntungan finansial. Fakta ini membuat sebagian besar pendukung tim sepak bola Belanda kecewa dan memunculkan reaksi perlawanan terhadap KNVB yang melarang liga sepak bola profesional di Belanda.

Terlepas dari sejumlah ancaman KNVB, seruan liga sepak bola profesional di Belanda terus tumbuh selama tahun lima puluhan. Seruan ini bahkan semakin bertumbuh signifikan setelah publik Belanda menyaksikan para pemain Belanda di luar negeri berhasil mengalahkan tim nasional Prancis (2-1) pada tahun 1953.

Satu tahun kemudian, Asosiasi Sepak Bola Profesional Pembangkang (NBVB) terbentuk sebagai bentuk perlawanan terhadap KNVB. Organisasi ini kemudian mendirikan liga sepak bola profesional pertama di Belanda pada musim 1954-1955.

Di sisi lain, KNVB juga mengadakan kompetisi sepak bola secara terpisah di tahun yang sama sehingga membuat lahirnya dualisme dalam dunia persepakbolaan Belanda. Liga musim 1954-55 sempat berlangsung selama 11 putaran sebelum akhirnya merger dinegosiasikan antara KNVB dan NBVB pada bulan November.

Aksi merger tersebut membuat kedua liga yang sedang berjalan terpaksa harus dibatalkan. Tidak lama setelah itu, kompetisi liga sepak bola profesional yang baru muncul dan diberi nama Eredivisie atau yang sekarang kita kenal sebagai Liga Belanda.

Musim perdana Eredivisie diselenggarakan pada tahun 1956-57. Saat itu, liga digelar tanpa babak play off dan diikuti oleh 18 klub terbaik di seluruh negeri. Delapan belas klub tersebut antara lain Ajax, BVC, BVV, MVV, DOS, NAC, EVV, Elinkwijk, Feijenoord, Fortuna ’54, GVAV, NOAD, PSV, Rapid JC, Sparta, VVV ’03, Willem II, dan SC Enschede. Setelah pertandingan yang panjang, Ajax keluar sebagai klub pertama yang berhasil memuncaki klasemen Liga Belanda dan menjadi juara perdana Eredivisie.

Fakta Liga Belanda

  • Ajax dinobatkan sebagai klub tersukses dalam sejarah Liga Belanda dengan total raihan gelar juara sebanyak 34
  • Willy Van Der Kuijlen adalah pemain yang mencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Belanda dengan koleski 311 gol
  • Nama resmi dari Liga Belanda adalah KPN Eredivisie. KPN diambil dari nama perusahaan penyedia jaringan seluler terkemuka di Belanda.
  • Setelah musim 2012-13, UEFA menobatkan Eredivisie sebagai kompetisi liga sepak bola terbaik ke-8 di seluruh Eropa
  • Pim Doesburg tampil dalam pertandingan Liga Belanda sebanyak 687 kali sehingga membuatnya sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Eredivisie

Berita Liga Belanda Terbaru

Bagi Anda yang ingin membaca berita Liga Belanda terbaru atau melihat posisi sementara klasemen Liga Belanda dapat berkunjung ke situs berita bola online Wargoal.

Wargoal adalah situs berita bola online terlengkap di Indonesia yang menyajikan beragam informasi terbaru dari dunia sepakbola seperti update tentang Liga Primer Inggris, Liga Spanyol, Serie A Italia, Liga Jerman, Liga Prancis, sampai dengan Liga 1 Indonesia.

Jika Anda mencari informasi tentang jadwal lengkap euro 2020, top skor euro 2020, atau grup dan jadwal euro 2020, Wargoal juga turut menyediakan informasi ini secara lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kalau Anda ingin mengetahui update skor pertandingan secara cepat bisa juga memanfaatkan fitur livescore wargoal yang tersedia secara gratis untuk siapa saja.