Bonus New Member
Bali United FC (https://twitter.com/BaliUtd)

Keren! Indonesia Masuk Daftar Klub Paling Mahal di Asia Tenggara

Banyak klub sepak bola yang memiliki nilai pasar tinggi. Indonesia masuk daftar klub paling mahal di Asia Tenggara beserta 5 klub lainnya.

Wargoal.com – Tak sedikit klub sepak bola dunia yang memiliki skuat dengan nilai pasar tinggi. Tingginya nilai pasar itu tak luput dari kebijakan dari sebuah klub untuk mendatangkan pemain dengan harga fantastis.

Di Asia Tenggara sendiri, tiap klub sepak bola telah menerapkan prinsip tersebut agar pamor klub lebih meningkat.

Contohnya, di Indonesia bahkan pernah menerapkan aturan Marquee Player. Tentunya para Marquee Player memiliki nilai pasar yang fantastis sebab pengalamannya yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Meskipun peraturan Marquee Player telah dihapus, namun klun-klub Tanah Air tak mengindahkannya dan tetap berlomba untuk membidik pemain bintang.

Bukan hanya di Indonesia, klub-klub Asia Tenggara lainnya seperti tak ingin kalah. Mereka tergolong rajin untuk mendatangkan para pemain mahal demi mendongkrak performa tim.

Rutin membeli pemain bintang, secara tak langsung membuat nilai skuat melonjak tinggi hingga klub tersebut dapat dikatakan ‘tajir’ dan sehat secara finansial.

Kira-kira untuk kawasan Asia Tenggara, klub mana saja sih yang memiliki nilai tinggi?

Dikutip dari Suara, Indonesia masuk daftar klub paling mahal di Asia Tenggara! Berikut ulasannya!

6. Bali United (Indonesia)

Bali United FC (https://twitter.com/BaliUtd)

Wakil Indonesia dan juara bertahan Liga 1 ini ternyata masuk dalam daftar 6 klub dengan nilai skuat termahal di Asia Tenggara untuk tahun 2021 ini.

Dikutip dari Transfermarkt, nilai skuat Bali United saat ini menyentuh angka 5,15 juta euro (Rp86,7 miliar). Angka ini diambil dari nilai pasar setiap pemain Laskar Serdadu Tridatu.

Brwa Nouri menjadi pemain termahal Bali United dengan nilai pasar mencapai Rp7,58 miliar yang kemudian disusul oleh Willian Pacheco dengan Rp6,52 miliar.

5. Bangkok United (Thailand)

Bangkok United FC (https://twitter.com/TRUEBUFC)

Thailand memiliki sederet klub dengan kekuatan finansial mumpuni sehingga bisa banyak mendatangkan pemain bintang. Salah satunya adalah Bangkok United.

Bangkok United diketahui punya nilai skuat mencapai total 6,03 juta euro (Rp101 miliar). angka yang cukup besar untuk klub di kawasan ASEAN sendiri.

Nama Heberty menjadi pemain termahal Bangkok United. Dikutip dari Transfermarkt, pemain asal Brasil tersebut punya nilai pasar mencapai Rp13 miliar yang kemudian diikuti oleh pemain lokal, Thitiphan Puangchan dengan Rp10,43 miliar.

4. Johor Darul Takzim (Malaysia)

Johor Darul Ta’zim Football Club (JDT FC) (https://twitter.com/OfficialJohor)

Tak sah rasanya bila tak memasukkan raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), dalam daftar klub dengan skuat mewah di Asia Tenggara.

Juara Malaysia Super League 2021 ini diketahui memiliki nilai skuat mencapai 6,05 juta euro (Rp101,85 miliar) atau unggul tipis dari Bangkok United.

Klub yang dibela wonderkid Indonesia, Syahrian Abimanyu ini memiliki beberapa pemain dengan nilai pasar mahal. Salah satunya adalah Bergson dengan nilai mencapai Rp6,73 miliar.

3. BG Pathum United (Thailand)

BG Pathum United (https://twitter.com/bgpuofficial)

BG Pathum menjadi salah satu klub Thailand lainnya yang memiliki skuat dengan nilai pasar tertinggi di Asia Tenggara.

BG Pathum memiliki nilai skuat hingga menyentuh angka 6,08 juta euro (Rp102,49 miliar) sehingga menjadikannya klub termahal ketiga di Asia Tenggara.

Berbeda dengan tiga klub sebelumnya, pemain termahal BG Pathum nyatanya bukanlah pemain asing. Ternyata, pemain termahal klub ini adalah produk lokal yakni Teerasil Dangda dengan nilai pasar Rp10,43 miliar.

2. Buriram United (Thailand)

Buriram United (instagram.com/buriramunitedofficial)

Buriram United pun tak mau ketinggalan untuk masuk dalam daftar klub Asia Tenggara dengan nilai skuat termahal.

Diketahui, nilai skuat Buriram United menyentuh angka 6,63 juta euro (Rp111,6 miliar) dan menempatkan mereka di urutan kedua daftar ini.

Buriram memiliki nilai sebesar itu karena sebagian pemainnya memiliki nilai pasar tinggi. Untuk pemain termahal klub papan atas Thailand ini dipegang oleh legiun asing dari Brasil yakni Maicon dengan nilai pasar Rp11,7 miliar.

1. Port FC (Thailand)

Port Thailand FC (twitter.com/PortFC_Official)

Untuk klub termahal di Asia Tenggara per 2021 ini dipegang oleh klub asal Thailand lainnya, yakni Port FC.

Port FC memiliki skuat dengan nilai pasar mencapai 6,65 juta euro (Rp112 miliar). besarnya nilai Port FC tak lepas dari sederet legiun asingnya.

Untuk pemain termahal di Port FC dipegang oleh Nelson Bonilla dengan Rp10,43 miliar yang kemudian diikuti oleh Sergio Suarez (Rp7,5 miliar), Seul-ki Go dan Philip Roller (Rp5,9 miliar), serta Javier Patino (Rp5 miliar).

Suara

Promo Komisi