TSMC

Intel Dan Apple Menjadi Pertama Menikmati Teknologi Dari TSMC

WARGOAL TEKNO – Apple disebut bakal menjadi perusahaan pertama yang menggunakan chip 3nm buatan TSMC, yang kemungkinan bakal dipakai di iPad generasi selanjutnya. Apple sebelumnya memang sudah berkomitmen untuk memesan chip dengan node N3 tersebut ke TSMC, meski masih pada tahap ‘risk production’ atau produksi yang berisiko.

Saat sudah mulai diproduksi massal pada pertengahan 2022, Intel disebut juga akan menjadi konsumen TSMC yang bisa menikmati chip tersebut. Jika Apple bakal menggunakan chip N3 tersebut di iPad generasi baru, Intel mungkin baru akan menggunakan chip tersebut di jajaran prosesor keluaran 2023.

“Saat ini volume produksi chip yang direncanakan untuk Intel lebih banyak ketimbang chip iPad pesanan Apple yang menggunakan proses 3 nanometer,” ujar salah satu sumber.

Komersialisasi chip berbasis node N3 tersebut diperkirakan akan mulai pada pertengahan kedua 2022, jadi produk yang menggunakan teknologi itu baru akan hadir pada akhir 2022 atau awal 2023. Dibandingkan dengan chip dengan proses 5nm seperti di Apple M1, chip N3 punya performa 10% sampai 15% lebih tinggi, namun konsumsi daya lebih kecil 30%.

TSMC pun mengembangkan chip dengan node N4, yang kabarnya akan dipakai di iPhone generasi selanjutnya. Selain Apple dan Intel, AMD dan Huawei disebut bakal bergabung dalam daftar pengguna chip 3nm TSMC itu. Namun mereka masih menunggu sampai proses pabrikasi tersebut lebih matang.