Bonus New Member
Egy Maulana Vikri.

Egy Masih Jadi Cadangan, Ini Rapor Pemain Indonesia di Eropa

Wargoal.com – Banyaknya pemain tanah air yang hijrah ke Eropa, membuat pecinta sepak bola tanah air makin penasaran dengan perkembangan sang idola.

Menilik rapor penampilan pemain Indonesia di Eropa dalam sepekan terakhir, mulai dari Kelana Mahessa yang starter di Liga Jerman hingga Egy Maulana Vikri bersama Lechia Gdansk.

Sepekan terakhir ini, sejumlah pemain sepak bola Indonesia yang bergabung bersama tim Eropa mulai disiarkan secara publik. Seperti baru-baru ini, nama Miftah Anwar Sani sedang ramai diperbincangkan.

Pemain yang pernah memperkuat skuat Persita Tangerang tersebut, dikabarkan telah tiba di Bosnia untuk bergabung bersama klub FK Sloboda Tuzla. Kedatangan sang pemain itu langsung disambut Konselor Ekonomi KBRI Bosnia Herzegovina, Mahendra.

Tak hanya membantu sang pemain untuk berkembang, pihak KBRI pun menilai kedatangan Miftah juga bisa untuk mempromosikan nama Indonesia.

Dari Indosport, “(Miftah) sudah tiba di Bosnia. Alhamdulillah sudah sampai dengan lancar dan ditunggu antusias warga Bosnia di Tuzla,” kata Mahendra melalui pesan singkat yang dibagikan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, (01/03/21).

“Bagus sebagai promosi bahwa Indonesia sepak bolanya juga bagus,” ujar Mahendra menambahkan.

Usai tiba di Bosnia, Miftah Anwar Sani diharapkan bisa langsung jalani latihan perdana bersama skuad utama FK Sloboda Tuzla. Namun hal tersebut bakal sulit terlaksana, lantaran Miftah harus lebih dulu jalani sosialisasi mandiri selama beberapa pekan.

Selain kabar Miftah Anwar Sani di Bosnia, beberapa update dari para pemain Indonesia yang menyebar di Eropa mulai dari Inggris, Belanda dan Polandia juga bakal terangkum kali ini.

Berikut ulasan dari Indosport mengenai rapor pemain Indonesia di Eropa selama sepekan terakhir (22 hingga 28 Februari 2021):

Elkan Baggott (Inggris)

Elkan Baggott.

Kabar pertama datang dari pemain bertahan Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott, yang memperkuat Ipswich Town di League One atau kasta ketiga Liga Inggris musim ini.

Sempat jalani debut bersama tim senior bulan Juli tahun 2020 lalu, di musim ini Elkan Baggott malah kurang mendapat kepercayaan untuk bermain di tim utama.

Bahkan dalam laga terbaru Ipswich Town pada 27 Februari 2021 silam, pemain berusia 18 tahun ini tak masuk dalam daftar susunan pemain saat timnya menghadapi Doncaster.

Bagus Kahfi (Belanda)

Bagus Kahfi.

Berikutnya ada Bagus Kahfi, penyerang muda yang bergabung dengan FC Utrecht pada awal Februari 2021 dari klub Barito Putera.

Setelah hampir sebulan berada di Belanda, Bagus Kahfi belum terlihat jalani debut bersama FC Utrecht, hal ini juga dikarenakan kebijakan federasi sepak bola Belanda untuk meniadakan kompetisi selain Eredivisie akibat pandemi Covid-19.

Yussa Nugraha (Belanda)

Yussa Nugraha.

Serupa dengan Bagus Kahfi, pemain muda Indonesia lain di Belanda yakni Yussa Nugraha juga belum kembali merumput bersama timnya sekarang, HBS Craeyenhout.

Penyerang kelahiran Solo ini menjelaskan, bahwa kompetisi junior di Belanda harus tertunda akibat pandemi. Dirinya pun jadi lebih sering melakukan latihan mandiri saat jeda kompetisi.

“Kompetisi Eredivisie aja yang jalan tapi tanpa penonton. Di bawah itu semua kompetisi dihentikan. Jadi aku latihan mandiri seperti jogging, karena tempat fitness selama lockdown ditutup,” ucap Yussa kepada INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Kelana Noah Mahessa (Jerman)

Kelana Noah Mahessa.

Berikutnya ada Kelana Noah Mahessa, pemain Indonesia yang mungkin rapor penampilannya paling baik pekan ini. Pasalnya, gelandang berusia 20 tahun itu tampil sebagai starter dan main penuh 90 menit bersama Bonner SC di Regionalliga West atau kasta keempat Liga Jerman.

Menghadapi Rot Weiss Ahlen di pekan ke-28 pada Minggu (28/02/21) lalu, kakak dari Luah Fynn Jeremy Mahesa ini bermain sejak babak pertama dan membantu timnya menang 1-2.

Witan Sulaeman (Serbia)

Witan Sulaeman.

Dari ranah Serbia, winger lincah asal Palu, Witan Sulaeman, tampaknya masih harus bersabar menanti debut tampil bersama Radnik di Super liga Srbije atau kasta teratas Liga Serbia musim ini.

Dalam pertandingan terbaru Radnik, pemain berusia 19 tahun ini kembali jadi penghangat bangku cadangan dan cuma bisa menyaksikan timnya menang 2-0 atas Javor-Matis.

Egy Maulana Vikri (Polandia)

Egy Maulana Vikri.

Terakhir adalah Egy Maulana Vikri, pemain asal Medan yang memperkuat Lechia Gdansk di Ekstraklasa atau kasta teratas Liga Polandia musim ini.

Serupa dengan tandemnya di Timnas U-19, Witan Sulaeman, pada pertandingan terbarunya Egy Maulana Vikri juga hanya duduk di bangku cadangan tim senior Lechia Gdansk.

Menghadapi Stal Mielec pada Sabtu (27/02/21) lalu, Egy Maulana Vikri untuk kesebelas kalinya di musim ini kembali berada di bench cadangan Lechia Gdansk.

Beberapa pemain Indonesia lain yang ada di Eropa 

  • Kroasia: Brylian Aldama (HNK Rijeka)
  • Spanyol: Khairul Imam Zakiri (CP Villarrobledo)
  • Bosnia: Miftah Anwar Sani (FK Sloboda Tuzla)
  • Jerman; Luah Mahessa (Bonner SC)

Sumber

Promo Mingguan