Cukup dengan Bahan Alami, Ini Cara Menumbuhkan Kumis Lebat di Rumah

WARGOAL.COM – Beberapa orang memiliki keinginan untuk menumbuhkan kumis tapi tidak tahu caranya. Padahal, ada beberapa cara untuk menumbuhkan kumis secara alami. Salah satu caranya dengan menerapkan minyak kelapa dan pijat perlahan.

Adanya rambut di wajah kerap dianggap menjadi identitas agar terlihat ‘macho’ pada beberapa orang. Namun, tidak semua orang bisa menumbuhkan baik kumis atau jenggot karena satu dan lain hal.

Jika kamu tetap ingin menumbuhkan kumis, ada beberapa bahan alami yang dapat diterapkan agar rambut di wajah tersebut tumbuh dan bahkan lebat. Ketahui jawabannya di sini!

Kecepatan pertumbuhan rambut pada wajah, termasuk kumis, cukup banyak ditentukan oleh gen seseorang. Setiap rambut di tubuh mengikuti siklus fase tertentu yang memengaruhi pertumbuhan dan kerontokannya hingga suatu hari tidak tumbuh sama sekali. Hal ini biasanya terjadi dipengaruhi oleh faktor usia.

Pertumbuhan kumis ditentukan oleh enzim 5-alpha reductase. Enzim ini mengubah simpanan testosteron alami pada tubuh menjadi hormon lainnya yang disebut dihidrotestosteron (DHT).

Hormon ini kemudian menempel pada reseptor di setiap folikel rambut kumis agar membuatnya dapat tumbuh. Namun, tingkat kesuburannya tergantung seberapa sensitif folikel rambut terhadap DHT.

Meski begitu, ada beberapa cara menumbuhkan kumis secara alami yang bisa dicoba di rumah. Berikut beberapa caranya:

1. Minyak Kelapa

Salah satu cara untuk menumbuhkan kumis adalah dengan memijat bagian tersebut dengan minyak kelapa. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, cobalah untuk menghangatkan minyak kelapa sedikit. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya dengan bantuan bola kapas dan diamkan paling tidak selama 15 menit. Lakukan tiga kali seminggu agar hasilnya terlihat.

2. Campuran Lemon dengan Kayu Manis

Banyak orang yang tahu jika lemon kaya akan kandungan asam sitrat, kalsium, dan vitamin C yang dapat membantu untuk mengurangi ketombe pada kumis dan janggut.

Lalu, kayu manis dapat meningkatkan aliran darah yang kaya nutrisi ke folikel rambut. Penerapan metode ini secara rutin disebutkan dapat membantu pertumbuhan pada kumis dan jenggot.

Cara membuatnya adalah dengan mengambil bubuk kayu manis dan mencampurnya dengan beberapa sendok makan perasan lemon ke dalamnya. Campurkan dengan baik dan oleskan cairan tersebut agar menempel di rambut wajah paling tidak 30 menit.

Setelah itu, gunakan air dingin untuk membilasnya. Lakukan dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Campuran Minyak Kayu Putih dengan Minyak Zaitun

Layaknya minyak kelapa, minyak kayu putih juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Namun kandungannya kuat sehingga rentan menyebabkan iritasi pada kulit. Maka dari itu, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun.

Ambil setengah cangkir zaitun dan tambahkan 20 tetes minyak kayu putih. Pijat minyak tersebut pada area kumis tumbuh dan biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan air dingin dan sabun.

Sekarang kamu tahu beberapa cara menumbuhkan kumis yang ampuh dilakukan agar subur. Pastikan untuk melakukan salah satu langkah yang telah disebutkan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika kamu benar-benar menginginkannya dengan cepat, penerapan metode medis seperti microneedling bisa dipilih.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What You Can Try to Grow a Beard Without Supplements or Medicine.
Mensxp. Diakses pada 2021. 5 Home Remedies To Grow Your Beard Naturally And Save Money On Cosmetic Products.