hacker

Ciri Smartphone ANDA Terkena HACK

WARGOAL TEKNO – HP yang sudah di-jailbreak atau di-root biasanya lebih rawan disadap. Orang yang menyadap HP kalian tidak hanya bisa mendengarkan panggilan telepon, tapi juga membaca dan mengirimkan SMS atau email, penyadapan HP atau ponsel bukan hanya sesuatu yang ada di film Hollywood saja. HP kalian bisa saja disadap oleh siapapun, mulai dari hacker, mantan pasangan, bos sampai pihak berwajib. Nah berikut ini ciri – ciri Smartphone atau HP kita disadap atau tidak dan juga tips mengatasinya.

index

1. Kuota internet cepat habis

Biasanya, aplikasi jahat yang diinstal diam-diam oleh hacker atau penyadap tidak hanya membuat boros baterai tapi juga kuota internet. Aplikasi ini biasanya berjalan di background, menyedot banyak informasi dari ponsel, dan mengirimkannya ke server tanpa sepengetahuan pengguna. Tiba-tiba kuota internet yang baru diisi ulang sudah habis begitu saja.

2. Menerima SMS dengan huruf aneh

Beberapa aplikasi penyadap ada yang menerima perintah dari server pusatnya dalam bentuk SMS yang sudah berisi kode. SMS ini juga kadang digunakan oleh aplikasi penyadap untuk berkomunikasi dengan kreatornya.

3. Muncul iklan mengganggu

Malware biasanya memiliki banyak fungsi, termasuk untuk menyadap HP. Kadang malware ini juga menampakkan wujudnya dengan menampilkan iklan yang mengganggu, bahkan sulit dihilangkan di HP. Jadi kalau tiba-tiba HP kalian dibombardir iklan, coba periksa lagi aplikasi yang ada di dalamnya.

4. Baterai bermasalah

Sering mengalami baterai yang cepat habis atau cepat panas padahal sedang tidak digunakan untuk aktivitas berat? Bisa jadi ada aplikasi jahat yang dipasang diam-diam untuk menyadap HP kalian. Jika sudah mencurigai kalau kalian menjadi korban penyadapan, coba monitor penggunaan HP kalian sehari-hari. Perhatikan aplikasi apa saja yang dipakai dan bagaimana efeknya terhadap daya tahan baterai.

5. HP jadi lemot

Baterai jadi bermasalah, koneksi internet dipakai diam-diam, dan muncul iklan yang mengganggu tentu akan memaksa HP kalian untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Akhirnya performa HP yang biasanya gesit untuk multitasking kini jadi lambat bahkan untuk melakukan aktivitas sederhana.

6. Website terlihat berbeda

Malware bisa saja menampilkan halaman palsu yang terlihat sangat mirip seperti situs aslinya, atau sekedar melacak aktivitas kalian di internet. Ini akan menjadi masalah besar kalau kalian membuka situs yang membutuhkan informasi pribadi seperti password atau rincian online banking.