formasi chelsea

Chelsea Semakin Kuat Dengan Formasi 4-2-4

wargoal.com – Formasi Chelsea ini mengawali laga pramusim dengan kemenangan telak 6-1 atas Peterborough di Cobham Training Ground. Laga ini jadi saksi eksperimen formasi baru The Blues.

Thomas Tuchel, mencoba menurunkan formasi 4-2-4 atau yang bisa juga disebut 4-2-2-2. Formasi ini hanya diterapkan di babak kedua, namun sudah terlihat sangat memuaskan.

Musim 2021/22 mendatang memang akan jadi musim besar untuk Chelsea. Mereka berhasil menjuarai Liga Champions musim lalu dan saat ini akan semakin percaya diri memasuki musim baru.

Formasi 4-2-4 ala Tuchel ini mungkin akan membuat The Blues semakin tangguh, berikut penjelasannya.

Formasi 4-2-4 ala Tuchel

Sebenarnya Formasi 4-2-4 bukan hal baru bagi Tuchel. Dia sudah pernah menggunakan gaya main ini saat masih melatih PSG beberapa tahun lalu.

Waktu itu PSG memiliki barisan penyerang luar biasa, Tuchel lah yang memaksimalkannya. Saat ini Chelsea memiliki skuad yang sama baiknya, seharusnya Tuchel bisa mengulanginya.

Mungkin sekilas formasi ini terlihat berisiko karena terlalu banyak penyerang diturunkan bersamaan. Namun, jika dilatih dengan benar, permainan Chelsea bisa meningkat drastis.

Setidaknya ada beberapa hal yang akan menjadi keunggulan Chelsea dengan formasi 4-2-4 ini.

Main dengan full-backs

Dengan formasi ini, pemain seperti Reece James dan Ben Chilwell yang sebelumnya bermain sebagai wing-backs akan mengubah sedikit perannya menjadi full-backs.

Itu berarti, mereka masih akan naik membantu serangan, tapi sekarang harus lebih waspada menghadapi serangan balik lawan. Keduanya mungkin harus bermain sedikit defensif.

Kekuatan pada sayap

Taktik 4-2-4 bisa juga dilihat sebagai formasi 4-2-2-2. Formasi seperti ini justru akan membuat lawan kewalahan, khususnya dalam menjaga serangan sayap Chelsea.

Winger Chelsea akan membuat bek sayap lawan sibuk. yang berarti, akan ada ruang untuk full-backs maju ke depan. Ini bisa membuka ruang di sisi sayap untuk serangan Chelsea.

Dua striker

Formasi ini juga dapat membuat Tuchel bisa menurunkan dua striker sekaligus, kemungkinan untuk mencetak lebih banyak gol akan semakin besar.

Peran dua striker ini bertujuan untuk membuat sibuk bek tengah lawan, dengan tambahan winger dan full-backs, Chelsea bisa menyerang dengan 6 pemain sekaligus dalam satu momen.

 

 

Ingin dapat update seputar bola dan prediksi angka yang akurat? Yuk gabung di group telegram! Linknya ada disini!

sumber: bola.net, Football London