Apa Saja yang Terjadi saat Wajah Mengalami Breakout

WARGOAL.COM – Breakout adalah masalah yang bisa terjadi pada semua orang. Masalah ini dapat menimbulkan jerawat yang sangat banyak di wajah dan tentu saja sangat mengganggu. Namun, apa sih yang sebenarnya terjadi saat gangguan ini terjadi?

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat terlihat jelas saat berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, kebersihan wajah kerap dianggap aset oleh beberapa orang. Meski begitu, ada saja gangguan yang bisa terjadi pada wajah, salah satunya adalah breakout. Namun, apa sih artinya breakout dan kenapa masalah ini bisa terjadi? Ketahui jawabannya di sini!

Breakout artinya adalah timbulnya kemerahan dan bahkan jerawat pada wajah akibat peradangan atau iritasi. Masalah ini paling sering muncul pada wajah karena memiliki kelenjar minyak yang paling banyak, termasuk juga pada dada, punggung atas, serta bahu. Saat jerawat timbul dalam jumlah yang banyak, tentu saja dapat merusak mood dan bahkan menurunkan kepercayaan diri.

Selama terjadinya breakout, folikel rambut terisi dengan sel kulit mati, sebum, dan terkadang bakteri juga termasuk di dalamnya. Bakteri yang terus menempel dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan bahkan peradangan. Sebagai akibatnya, pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan peradangan dan iritasi. Saat masalah ini tidak teratasi, jerawat kistik mungkin saja terbentuk di bawah permukaan kulit.

Lalu, apa saja sih yang bisa menjadi penyebab breakout pada seseorang? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan ini dan biasanya berhubungan dengan masalah kulit. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Stres

Salah satu penyebab terjadinya breakout adalah perasaan stres. Gangguan ini tidak menyebabkan jerawat secara langsung tetapi meningkatkan tingkat keparahannya. Saat stres, tubuh melepaskan hormon CRH yang dapat memicu pelepasan sitokin inflamasi dan produksi minyak menjadi naik. Minyak yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan berisiko menimbulkan peradangan yang akhirnya menimbulkan breakout.

2. Produk Perawatan Kulit

Kamu juga dapat mengalami breakout akibat penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok. Beberapa lotion dan krim yang berbasis minyak dan mengandung silikon dapat menimbulkan sumbatan pada pori-pori. Maka dari itu, pastikan untuk memilih produk kecantikan yang tepat dan direkomendasikan untuk memilih yang tidak menimbulkan sumbatan pada pori-pori.

3. Kurang Tidur

Ternyata, seseorang yang kurang tidur juga lebih rentan untuk mengalami breakout. Saat tidur, tubuh memperbaiki diri sendiri dan sistem kekebalannya juga menguat. Jika kekurangan tidur, tubuh dapat menjadi stres, sehingga produksi minyak kulit meningkat. Kamu juga menjadi lebih rentan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat yang dapat memperburuk jerawat saat stres.

4. Kontak dengan Kulit

Dengan menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor atau menempelkan smartphone ke wajah saat menelpon juga berisiko untuk mentransfer bakteri ke kulit. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya jerawat yang bisa saja berakhir dengan breakout. Maka dari itu, penting untuk memastikan tangan selalu bersih atau membersihkan semua hal yang akan menempel di wajah.

Nah, sekarang kamu tahu breakout artinya apa dan hal yang dapat menjadi penyebab masalah ini terjadi. Maka dari itu, pastikan untuk menghindari segala penyebabnya agar gangguan pada wajah ini dapat dihindari. Namun, jika breakout terjadi dalam waktu yang lama atau menimbulkan rasa sakit hingga tidak nyaman, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Sumber: halodoc.com