Sporty woman jumping skipping rope at gym

4 Jenis Latihan Kecepatan agar Tubuh Lebih Gesit

WARGOAL.COM – Melakukan latihan kecepatan diperlukan untuk meningkatkan gerakan aktivitas sehari-hari agar lebih optimal. Sebaiknya ketahui beberapa jenis latihan yang bisa kamu lakukan agar tubuh menjadi lebih gesit. Mulai dari bulgarian split squat, frog hop with a ball, skipping, hingga hill sprint bisa kamu lakukan dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu.

Padatnya aktivitas sehari-hari membutuhkan kecepatan tubuh agar lebih gesit. Kurang olahraga bisa menjadi salah satu penyebab kamu terasa lambat saat beraktivitas. Latihan kecepatan bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan agar tubuh lebih gesit.

Latihan kecepatan berfungsi untuk melatih tubuh bergerak dalam waktu yang lebih singkat. Tidak ada salahnya ketahui jenis latihan kecepatan yang bisa kamu lakukan agar tubuh menjadi lebih gesit. Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Latihan Kecepatan yang Bisa Dilakukan

Rutin melakukan latihan kecepatan bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam bergerak dan beraktivitas. Selain itu, latihan kecepatan memudahkan kamu untuk berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Nah, jika kamu merasa gerakan kamu cukup lambat saat beraktivitas, tidak ada salahnya kamu coba latihan kecepatan agar aktivitas yang kamu lakukan semakin optimal. Saat melakukan latihan kecepatan sebaiknya pastikan durasi, interval, dan jenis latihan yang akan kamu lakukan.

Hindari melakukan gerakan yang berlebihan karena memicu risiko cedera. Selalu ingat juga untuk melakukan pemanasan dan peregangan saat latihan kecepatan. Jangan lupa untuk fokus pada kekuatan kaki dan keseluruhan tubuh.

Berikut ini jenis latihan kecepatan yang bisa dilakukan, yaitu:

Bulgarian Split Squat

Jenis latihan ini berfungsi untuk memperkuat bagian kaki. Caranya, ambil posisi lunges dengan lutut ditekuk dan kaki belakang bertumpu pada objek tertentu (kamu bisa menggunakan kursi atau benda yang kuat untuk menumpu satu kaki kamu) dengan ketinggian 12 – 15 sentimeter dari lantai.

Turunkan kaki yang tegak lurus secara perlahan sampai menunjukkan posisi yang sama dengan kaki yang bertumpu.

Frog Hop with A Ball

Kamu juga bisa melakukan latihan kecepatan ini untuk meningkatkan kecepatan tubuh. Sebelum latihan kamu perlu menyiapkan bola tangkap sebagai alat latihan. Jenis latihan ini bisa menjadikan otot lebih elastis dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Pertama, berdiri tegak serta pegang bola dan luruskan kedua tangan di depan dada. Kemudian, turunkan tubuh hingga menyerupai gerakan squat.

Setelah itu lompat dan lepaskan bola ke depan. Saat melepaskan bola, rilekskan tangan dan pastikan kamu kembali ke permukaan tanah dengan posisi squat.

Skipping

Meskipun sederhana, ternyata rutin melakukan skipping bisa membantu menjadi latihan kecepatan tubuh yang efektif, lho! Pertama-tama, berdiri tegak sebelum memulai skipping.

Kemudian, lompat dengan satu kaki dan pastikan tangan mengikuti gerakan kaki. Saat kaki kanan terangkat ke atas, tangan kanan juga akan terangkat ke atas. Begitu juga sebaliknya. Kamu bisa sesuaikan kecepatan yang kamu inginkan.

Hill Sprint

Kamu bisa melatih kecepatan tubuh dengan melakukan hill sprint. Caranya mudah, kamu bisa cari perbukitan atau lahan menanjak yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Kemudian, berlarilah dari bawah hingga ke atas. Ulangi jenis latihan ini beberapa kali.

Itulah jenis latihan kecepatan agar tubuh lebih gesit. Sesuaikan durasi dan interval latihan dengan kondisi kesehatan kamu. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan saat berolahraga, segera istirahat dan bila perlu konsultasikan ke ahlinya

Referensihalodoc.com

Live Strong. Diakses pad2021. 10 Exercises to Increase Your Running Speed.

Coach. Diakses pada 2021. 10 Exercises To Make You A Faster Runner.