Bonus New Member

10 Manfaat Bunga Dandelion untuk Kesehatan Tubuh

WARGOAL.COM – Selama ini dandelion dikenal sebagai bunga cantik yang tumbuh liar dan sering dianggap sebagai gulma. Siapa sangka bunga yang cantik ini dapat dijadikan obat herbal. Dandelion nyatanya bermanfaat untuk kesehatan. Dandelion dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol sampai mencegah kanker.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga dandelion. Pasalnya, bunga yang satu ini banyak tumbuh liar di rerumputan. Meskipun sering dianggap gulma, ternyata bunga yang cantik ini punya beragam manfaat kesehatan. Bunga dandelion bahkan telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu mengobati beberapa penyakit.

Ahli botani menganggap dandelion sebagai tanaman herbal. Kamu bisa memanfaatkan daun, batang, bunga, sampai akarnya untuk tujuan pengobatan. Nah, berikut manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari dandelion.

Manfaat Kesehatan dari Bunga Dandelion

Tak banyak orang yang tahu jika bunga dandelion dapat dijadikan obat herbal. Berikut beragam manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari bunga dandelion:

1. Menangkal Radikal Bebas

Bunga dandelion mengandung beta karoten dan polifenol, yaitu antioksidan yang mampu menetralisir efek berbahaya dari radikal bebas. Tahukah kamu kalau tubuh manusia mampu menghasilkan radikal bebas secara alami? Karena alasan ini, radikal bebas yang terbentuk secara alami tersebut berisiko merusak sel, sehingga kamu rentan mengalami  penuaan atau perkembangan penyakit tertentu.

2. Menurunkan Kolesterol

Studi berjudul “Hypolipidemic and Antioxidant Effects of Dandelion (Taraxacum officinale) Root and Leaf on Cholesterol-Fed Rabbits” meneliti efek konsumsi dandelion pada kelinci. Hasilnya, akar dan daun dandelion ternyata membantu menurunkan kolesterol pada hewan yang menjalani diet tinggi kolesterol. Studi lain pada tikus menemukan bahwa konsumsi dandelion mengurangi kolesterol total dan kadar lemak di hati. Namun, belum ada temuan seberapa efektif penggunaan dandelion untuk menurunkan kolesterol pada manusia.

3. Mengatur Gula Darah

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa dandelion mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur gula darah. Melansir dari Medical News Today, pada tahun 2016, beberapa peneliti mengusulkan bahwa sifat antihiperglikemik, antioksidan, dan antiinflamasi pada dandelion dapat membantu mengobati diabetes tipe 2. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuat klaim yang sudah pasti.

4. Mengurangi Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dan senyawa dandelion dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Studi tahun 2014 yang telah dipublikasikan dalam National Library of Medicine, para peneliti menemukan bahwa bahan kimia yang ada dalam dandelion memiliki beberapa efek positif dalam mengurangi respons peradangan.

Kendati demikian, penelitian ini dilakukan dalam sel dan bukan pada peserta manusia. Alhasil, perlu penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan efek anti peradangan dari dandelion di tubuh manusia.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Dandelion adalah sumber potasium yang baik. Bukti klinis menunjukkan bahwa potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian berjudul Daily potassium intake and sodium-to-potassium ratio in the reduction of blood pressure: a meta-analysis of randomized controlled trials menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen kalium mengalami penurunan tekanan darah, terutama pada pengidap tekanan darah tinggi.

6. Membantu Penurunan Berat Badan

Tanaman ini mampu meningkatkan metabolisme karbohidrat dan mengurangi penyerapan lemak. Asam klorogenat, bahan kimia yang ada dalam dandelion dapat membantu mengurangi penambahan berat badan dan retensi lipid. Namun, bukti kuat untuk mendukung klaim ini masih kurang.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian terkait hal ini sebenarnya masih terbatas. Sejauh ini, penelitian baru melihat dampak dandelion pada pertumbuhan kanker di tabung reaksi. Hasilnya, dandelion dapat membantu memperlambat pertumbuhan kanker usus besar, kanker pankreas, dan kanker hati.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam dandelion nyatanya juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para peneliti juga telah menemukan bahwa dandelion menunjukkan sifat antivirus dan antibakteri. Satu studi tahun 2014 yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine, menemukan bahwa dandelion membantu membatasi pertumbuhan hepatitis B pada sel manusia dan hewan dalam tabung reaksi.

9. Melancarkan Pencernaan

Orang-orang terdahulu sering memanfaatkan dandelion sebagai obat tradisional untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Sejauh ini, penelitian untuk membuktikannya masih sebatas pengamatan pada hewan. Penelitian pada manusia diperlukan  untuk menguji hasil yang serupa.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar UV yang dipancarkan matahari dapat membahayakan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dandelion dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dapat membantu kamu terlihat awet muda.

Manfaat-manfaat di atas akan semakin efektif bila dibantu dengan pola hidup sehat, seperti berolahraga, konsumsi makanan sehat dan tidur cukup. Jangan lupa pula untuk konsumsi vitamin atau suplemen supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Kalau stok sudah menipis, isi ulang dengan membelinya di toko kesehatan Halodoc. Tinggal klik, lalu pesanan akan segera diantar ke tempatmu!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 10 health benefits of dandelion.
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Potential Health Benefits of Dandelion.

 

Promo Komisi